Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / 1 Juta PNS akan dirumahkan oleh Pemerintah, Ini Alasannya

1 Juta PNS akan dirumahkan oleh Pemerintah, Ini Alasannya

Yuddy_Chrisnandi_8

 

Pemerintah saat ini tengah menggodok konsep pelaksanaan reformasi birokrasi. Satu diantaranya dengan merumahkan 1 juta Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Hal ini dibahas pada Rapat Komite Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional (KPRBN) di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (31/5).

“Ini kan 1 juta angka simulasi belum angka fix. Kenapa 1 juta untuk mengurangi beban keuangan negara atas belanja rutin pemerintah yang sudah 33,8 persen,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi.

Masih banyak daerah-daerah di Indonesia yang menggunakan dana daerah untuk belanja pegawai di atas 60 persen. Pemerintah menghitung ada sekitar 200 daerah yang masuk kategori tersebut.

Pemerintah sendiri menargetkan 80 persen dari 200 daerah itu akan diturunkan porsi belanja pegawainya dengan asumsi pemerintah pusat di bawah 30 persen, pemerintah provinsi 35-40 persen dan kabupaten kota tidak boleh lebih 50 persen sehingga pengurangannya mencapai 25 persen.

“Ini masih simulasi kebijakan belum menjadi keputusan tapi akan kita laksanakan,” jelasnya.

Untuk PNS yang dirumahkan nantinya tetap mendapatkan gaji tetapi tidak mendapatkan uang tunjangan. Sebagai contoh, eselon 1 bergaji Rp 6 juta dengan tunjangan Rp 14 juta dan jika digabungkan maka penghasilan mencapai Rp 20 juta. Saat pegawai itu terkena rasionalisasi pegawai maka eselon 1 itu hanya akan mendapat gaji pokok hingga masa pensiunnya tiba.

Dijelaskan Yuddy, pihaknya sedang mengatur masa minimum kerja yang akan masuk ketegori rasionalisasi pada level kerja 20 tahun atau 25 tahun.

Selama dirumahkan, pemerintah bakal tetap memberikan uang tunggu semisal 3 kali gaji untuk usaha dengan sistem golden hand shake.

“Mereka mundur dengan persyaratan. mereka langsung ambil 1 kali pesangon, setelah itu tidak dapat pensiun lagi. dan dalam jangka panjang beban negara akan berkurang,” ungkap Yuddy.

Adapun pelaksanaan rasionalisasi PNS pada awal tahun depan. Saat ini tengah dilakukan simulasi jumlah PNS yang akan dirasionalisasi.
 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...