Home / Gaya Hidup / Kecantikan / 10 Makanan yang Baik untuk Penderita Asma

10 Makanan yang Baik untuk Penderita Asma

asma

Asma bisa dimiliki oleh semua orang. Gangguan pernapasan ini menimbulkan peradangan di saluran pernapasan sehingga membuat penderitanya susah untuk bernapas. Namun, banyak penderita yang mengalami hal ini diawali dari unsur genetik. Begitu alergen atau pemicu alergi datang, asma pun segera kumat.  Seringkali cara mengatasinya dengan menggunakan obat inhaler atau obat oral.

Namun, untuk pencegahan, sebenarnya ada beragam makanan di sekitar kita yang bisa dijadikan cara mencegah kambuhnya asma. Makanan ini kebanyakan memiliki sifat antiinflamasi sehingga bisa mencegah dan mengurangi peradangan yang muncul pada asma. Dikutip dari Boldsky, berikut makanan tersebut:

  1. Wortel. Sayuran ini kaya dengan vitamin A dan antioksidan yang memberikan kebaikan untuk semua bagian tubuh, termasuk mencegah asma.
  2. Minyak ikan. Asam lemak omega 3 pada minyak ikan menyetimulasi baiknya fungsi organ pernapasan.
  3. Paprika merah. Paprika kaya dengan vitamin C. Zat ini membantu mengurangi peradangan pada organ pernapasan.
  4. Pare. Sayuran dengan rasa pahit ini dapat membersihkan saluran pernapasan dan sekaligus mengontrol asma. Di samping itu, pare diketahui juga baik untuk menurunkan gula darah.
  5. Kembang kol. Sayuran hijau ini memiliki nutrisi vitamin, protein, dan minaral yang diperlukan tubuh, termasuk memberikan kebaikan bagi organ pernapasan.
  6. Kiwi. Kiwi kaya dengan vitamin C yang memiliki sifat antiinflamasi untuk mengurangi disfungsi pada saluran pernapasan.
  7. Jeruk. Sama seperti kiwi, sifat antiinflamasi pada jeruk memberikan perlindungan bagi penderita asma.
  8. Jambu biji.Buah ini memiliki sifat antiinflamasi yang ada di tubuh termasuk peradangan di saluran pernapasan.
  9. Kubis. Kubis memiliki kegunaan untuk mengurangi reaksi alergi. Alergi yang menyebab asma dapat diturunkan risikonya dengan mengonsumsi sayuran ini.
  10. Cabai. Cabai memiliki emampuan untuk meluruhkan lendir yang mengganggu pernapasan. Antioksidannya juga mengurangi peradangan yang terjadi pada tubuh.

Baca Juga

Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Jika Anda berbelanja di supermarket dalam keadaan lapar, kemungkinan besar Anda justru akan membeli banyak ...