Home / Headline / 10 WNI dibebaskan Kelompok Abu Sayyaf, Pemerintah Sengaja Tidak Ungkap Kronologinya, Mengapa?

10 WNI dibebaskan Kelompok Abu Sayyaf, Pemerintah Sengaja Tidak Ungkap Kronologinya, Mengapa?

sandera tiba di halim

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Arramanatha Nasir, mengungkapkan bahwa pemerintah sengaja tidak mengeluarkan kronologi pembebasan 10 WNI pelaut yang disandera milisi Abu Sayyaf, di Filipina selatan, tetapi akhirnya dibebaskan pada Minggu (1/5) lalu.

“Saya selalu bilang bahwa kami tidak bisa bicara karena terkait keamanan WNI kita, jadi kami belum bisa buka-bukaan. Biarlah yang lain yang buka-bukaan,” ujar Nasir, di Ruang Palapa Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Senin (2/5).

10 WNI pelaut yang disandera sejak 26 Maret lalu itu telah mendarat di Pangkalan Udara Utama TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu malam. Mereka diterbangkan pesawat sipil dalam penerbangan khusus dari Pangkalan Udara Angkatan Udara Filipina Zamboanga.

Nasir menambahkan bahwa saat ini pemerintah masih terus berupaya untuk membebaskan empat WNI yang masih disandera kelompok militan di Filipina sehingga semua yang disampaikan kepada media masih dimonitor oleh kelompok itu.

Yang jelas, lanjutnya, pembebasan 10 WNI pelaut itu melibatkan banyak pihak.

“Saya tidak bisa bilang bahwa ada A, B atau C, kalaupun saya bilang itu akan berbahaya (untuk proses negosiasi selanjutnya),” terang Nasir.

 

 

Baca Juga

Kalah Lagi atau Bangkit di Kandang Leicester, Klopp?

Jakarta – Liverpool langsung mendapatkan kesempatan untuk membalas kekalahan dari Leicester City akhir pekan ini. ...