Home / Berita / Dunia / 10 WNI dibebaskan Kelompok Abu Sayyaf, Perwira Filipina dan MNLF Ikut Berjasa dalam Membantu

10 WNI dibebaskan Kelompok Abu Sayyaf, Perwira Filipina dan MNLF Ikut Berjasa dalam Membantu

10 wni 2

 

Salah satu perwira Angkatan Darat Filipina menjadi tokoh kunci dalam upaya pembebasan 10 WNI yang disandera kelompok Abu Sayyaf. Perwira asli kelahiran Provinsi Sulu ini sejak tiga pekan terakhir intensif berhubungan dengan para militan, membujuk mereka untuk melepas para sandera.

Di samping itu, sumber di militer Filipina menyatakan komandan Front Pembebasan Nasional Moro (MNLF) turut berjasa melobi militan. Negosiasi dengan utusan Abu Sayyaf terjadi di pantai sisi utara Kepualuan Sulu, demikian seperti dilansir the Japan Times, Senin (2/5).

Anggota tim negosiator yaitu Eddy Mulya selaku pejabat KBRI Manila, menjamin tak ada uang tebusan yang diserahkan perusahaan atau pemerintah RI kepada Abu Sayyaf. Pendekatan antarpersonal salah satunya meminta orang yang dituakan Abu Sayyaf ikut berunding.

“Ini full negosiasi,” paparnya di Bandar Udara Halim Perdanakusuma Minggu malam.

Sementara itu dalam laporan terpisah, Inquirer.net melaporkan bahwa upaya pembebasan sandera sempat akan dilakukan pada pekan lalu. Tetapi akses untuk menghubungi militan menjadi sulit pasca militer Filipina menggelar operasi besar-besaran menggempur Pulau Jolo. Operasi ini digelar seusai sandera asal Kanada, John Ridsdel (68) tewas dipenggal.

Walau demikian, komunikasi ternyata masih bisa dilakukan, sampai akhirnya sandera benar-benar dibebaskan.

 

 

Baca Juga

Isu ‘Mayat’ Menempel di Kubah Hijau, Pengelola Nabawi Angkat Bicara

Itu lho, benda misterius yang terlihat menempel di kubah hijau Masjid Nabawi (Triono Wahyu Sudibyo/detikcom) ...