Home / Bisnis / 100 Hari Pemerintahan Jokowi, Ini Pujian & Kritik dari Kadin

100 Hari Pemerintahan Jokowi, Ini Pujian & Kritik dari Kadin

100 Hari Pemerintahan Jokowi, Ini Pujian & Kritik dari Kadin
100 Hari Pemerintahan Jokowi, Ini Pujian & Kritik dari Kadin

Menginjak 100 hari pemerintahan Jokowi-JK, kritik dan pujian juga datang dari Kamar Dagang Indonesia (Kadin). Wakil Ketua Kadin DKI Jakarta, Sarman Simanjorang mengatakan jika selama 100 hari masa pemerintahan Jokowi-JK ada beberapa hal positif & negatif yang dirasakan dunia usaha.

Menurut Sarman Simanjorang salah satu hal positif adalah adanya proses perizinan satu pintu yang cukup memudahkan investor. Perizinan satu pintu menjadi satu kepastian, baik dari sisi ketepatan waktu maupun biaya.

Sarman berharap di waktu mendatang pemerintahan Jokowi-JK terus meningkatkan kapasitas SDM dan IT agar proses perizinan seminimal mungkin ada interaksi dengen lembaga. Itu artinya diharapkan semua cukup dilakukan secara online.

“Adanya PTSP ini sesuatu yang lebih pasti baik dari biaya, lamanya juga pasti” ungkap Sarman Simanjorang, Selasa (17/1).

Sarman Simanjorang juga mengapresiasi sektor perikanan yang mulai lebih tegas memerangi illegal fishing. Meskipun saat ini baru terlihat kulitnya saja, belum sampai pada hal yang lebih besar. Ia berharap ke depan akan semakin banyak gebrakan di sektor perikanan.

Namun Sarman Simanjorang mengingatkan kepada pemerintah agar kondisi politik yang terjadi di tanah air tidak berdampak pada dunia ekonomi. Kisruh penegak hukum KPK dan Polri, kata Sarman Simanjorang menjadi satu faktor politik yang menjadi perhatian investor.

Sarman Simanjorang mengatakan investor memerlukan satu kepastian hukum. Jika sesama penegak hukum saling berseteru, ia khawatir investor menunda untuk berinvestasi di Indonesia. Ia juga menyarankan agara presiden selalu menjadi diri sendiri, bebas intervensi dari pihak manapun dalam mengambil keputusan politik dan ekonomi.

Terakhir seperti yang dilansir Republika, Sarman Simanjorang mengapresiasi berdirinya badan kreatif. Ia berharap lembaga ini akan ditindaklanjuti di tingkat propinsi sehingga potensi industri kreatif bisa lebih maju. Ke depan Sarman Simanjorang berharap industri kreatif di Indonesia bisa mendorong pertumbuhan ekonomi dan mendorong ekspor.

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...