Regional

Gempa Gunung Merbabu Bukan Vulkanik Melainkan Tektonik

on

Gunung Merbabu

Senin (18/02/14) kemarin, warga di sekitar Gunung Merbabu dikejutkan oleh gempa dan suara dentuman keras. Akibatnya, sejumlah rumah rusak dan tanah di sekitar permukiman warga alami keretakan.

PVMBG atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi melalui Muhammad Hendrasto mengatakan jika gempa yang menguncang Gunung Merbabu bukan vulkanik melainkan tektonik.

Mengutip sejumlah berita terkini Gunung Merbabu, gempa yang terjadi merupakan gempa tektonik lokal. Cakupannya pun juga di lingkup lokal. Ini sangat berbeda dengan gempa vulkanik.

Salah satu ciri gempa vulkanik ialah soal kerusakan yang ditimbulkan. Merujuk ke kerusakaan itu, Hendrasto melihat dari titik permukaan tanah.

“Kan, kalau gempa kemarin sampai merusak rumah dan tanah sampai retak,” jelasnya seperti dikutip dari Tempo Selasa (18/02/14).

Ia melanjutkan, jika memang gempa di Gunung Merbabu kemarin adalah gempa vulkanik, maka dipastikan gunung tersebut akan meletus. Sebab, jika dari gempanya saja sudah bisa menyebabkan kerusakan pada permukaan tanah maka efek letusannya akan jauh lebih mengerikan.

Yang patut diingat kemudian, kondisi terkini Gunung Merbabu masih dalam status normal. Tidak ada peningkatnan aktivitas vulkanologi yang terjadi pasca gempa Senin.

“Sekarang gunungnya baik-baik saja, tidak ada perubahan apa pun, tambah Hendrasto.

Pada Senin kemarin, warga yang tinggal di sekitar Gunung Merbabu dikejutkan dengan gempa di wilayah tersebut. Tak hanya gempa saja, sejumlah warga juga mendengar dentuman suara yang cukup keras. Itulah yang membuat mereka cemas. Sebab, di tempat lain juga terjadi bencana alam terkait aktivitas gunung.

Advertisement

Berita Terkait

Komentar