Home / Tekno / Internet / 16 Februari Diperkirakan Ada Asteroid di Dekat Bumi

16 Februari Diperkirakan Ada Asteroid di Dekat Bumi

Aktualpost.com – Fenomena antariksa yang terjadi pada tahun lalu, kemungkinan akan ada lagi pada tahun ini. Kemungkinan besar 16 Februari sebuah asteroid akan melintasi bumi. Namun sepertinya asteroid ini tidak akan berbahaya bagi dunia.

Seperti dilansir Antara, Asteroid ini bernama 2012 DA14 yang memiliki ukuran sebesar sekitar 45 meter. Asteroid ini diperkirakan pada jam 02.26 WIB 16 Februari 2013 akan sangat dekat jaraknya dengan bumi.

“Titik terdekat dengan bumi itu hanya berjarak sekitar 21.000 km, di wilayah orbit satelit-satelit GPS,” dikatakan Prof Dr Thomas Djamaluddin, Deputi Sains, Pengkajian, dan Informasi Kedirgantaraan Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan),  kepada Antara.

Walaupun nantinya asteroid 2012 DA14 mendekat, namun dapat dipastikan bahwa asteroid in itidak akan berbahaya bagi bumi. Bahkan asteroid ini tidak akan mengganggu kinerja satelit di luar angkasa. Namun yang ditakutkan adalah asteroid ini akan berdampak beberapa puluh tahun mendatang. Karena bisa saja asteroid ini semakin dekat dengan bumi dan menabrak bumi.

Hal ini diperkirakan akan terjadi 97 tahun mendatang yang kemungkinan asteroid ini menabrak bumi. Namun hal ini masihlah sebatas perkiraan, belum ada bukti dan penelitian lebih lanjut tentang asteroid ini.

Asteroid ini pertama kali ditemukan oleh astronom asal Spanyol. Asteroid ini merupakan sebuah pecahan dan mineral logam beku yang berada di antariksa sana. Kebanyakan asteroid seperti ini merupakan asteroid yang berasal dari sabuk mars atau jupiter. Karena asteroid ini lintasannya berdekatan dengan bumi, maka dapat dipastikan asteroid ini akan terlihat setiap tahunnya.

Baca Juga

Asep Sunandar Terpilih Jadi Google Doodle Hari Ini

  Kalau anda membuka mesin pencari Google hari ini, Sabtu (3/9), bakal menemukan dua tokoh ...