Home » Nasional »

Hasil sidang Isbat yang menjadi Kontroversi Antara PBNU dan Muhamadiyah

Hasil sidang Isbat yang menjadi Kontroversi Antara PBNU dan Muhamadiyah – Menurut penyerasian PBNU mengenai hilal Ramadhan 1434 H ini akan terjadi pada hari senin 8 juli pada pukul 14.15 WIB. Yang menyebutkan bahwa Hilal akan berada di ufuk dalam tiga menit enambelas detik.

Dan Kiai Ghazalie mengungkapkan bahwa Berdasarkan kriteria imkanurrukyat, awal Ramadhan tersebut akan jatuh ditanggal 10 Juli hari rabu nanti. Namun, Beliau menegaskan bahwa akan melakukan pengamatan ulang tentang hilal tersebut di 90 poin strategis yang ada di Indonesia. Hal ini tentu membutuhkan banyak ahli dalam pengamatan tersebut. Dan beliau mengat sudah menugaskan 110 orang untuk melakukan pengamatan tersebut yang terdiri dari para ahli seperti ahli astronomi, alim ulama, ahli fikih, ahli hisab dan warga setempat.

Dan hasilnya sama dengan hasil sidang isbat yang disampaikan oleh menteri Agama yang diselenggarakan pada hari ini tanggal 8 Juli 2013, pukul 16.00 WIB. Dan setelah hasil yang sama dengan Kementrian Agama, PBNU memberikan pengumuman resmi bahwa awal puasa akan jatuh pada 10 Juli.

Namun, Muahammadiyah beranggapan beda, karena menurut mereka awal Ramadhan 1434 Hijriyah itu jatuh pada tanggal Selasa 9Juli 2013. Hal ini disampaikan langsung oleh ketua umumnya yakni Din Syamsuddin. Menurut beliau,” sesuai dengan hitungan ahli di Muhammadiyah awal puasa itu akan jatuh tanggal 9 Juli 2013.”

Hal tersebut berdasarkan ilmu falaq, yang menghasilkan hilal Ramadhan sudah ada karena Bulan, Bumi dan Matahari sudah berada pada garis lurus pada tanggal sekarang yakni 8 Juli 2013 pada pukul 2 dini hari. Dan hal tersebut merupakan pertanda bulan Sya’ban telah berakhir.

Hal ini belum ada kepastian yang jelas karena pihak Muhammadiyah tidak mau mengikuti sidang isbat yang diselenggarakan pada sore hari tadi (8 juli 2013). Namun, awal Ramadhan semakin dekat, membuat masyarakat cukup bingung karena Kementrian Agama dan PBNU mengumumkan bahwa hasil sidang isbat sudah menentukan awal puasa mulai tanggal tanggal 10 Juli 2013, namun muhammadiyah tetap akan melaksanakan puasa tanggal 9 Juli 2013.

Akses mudah Aktual Post melalui perangkat mobile di http://m.aktualpost.com secara langsung dari ponsel atau baca berita dari Aktual Post di UC Browser. Untuk mendapatkan berita menarik dari Aktual Post di Facebook Anda klik disini.
KOMENTAR ANDA
Copyright © 2013 - 2014 Aktual Post, All Rights ReservedKembali Ke Atas