Home » Olahraga »

Daftar Perolehan Medali Sea Games 2013 :
Myanmar Raih Medali Emas Pertama

Pekan Olah Raga terbesar di kawasan Asia Tenggara ,Sea Games 2013 memang baru akan resmi dibuka pada tanggal 11 Desember medatang, akan tetapi ada sebagian cabang olah raga yang sudah dipertandingkan sebelum upacara pembukaan dilangsungkan, seperti sepak bola, aquatic (renang), polo air, badminton, bola basket, tinju, kano, chinlone, berkuda, sepak bola putri, futsal, pencak silat, sepak takraw, menembak, gulat, dan wushu.

Medali emas pertama SEA Games Ke-27 ini berhasil direbut oleh tim chinlone putri Myanmar. Dimana daalam partai final mereka berhasil mengalahkan tim putri Thailand, pertandingan final digelar, Rabu (4/12/2013) sore waktu setempat.

Myanmar sudah diprediksi akan memperoleh medali emas pertama. Hal ini sesuai jadwal yang dirilis penyelenggara SEA Games 2013 yang menempatkan perebutan medali emas cabang andalan mereka (chinlone) di hari pertama.

Chinlone merupakan sebuah permainan keterampilan beregu terdiri dari enam orang dengan menggunakan satu buah bola mirip bola sepak takraw. Keenam pemain melakukan gerakan-gerakan tarian dikombinasikan dengan juggling secara bergantian.

Masuknya cabang olahraga tradisional Chinlone ini sempat menjadi kontroversi. ini adalah permainan tradisional Burma dan tidak termasuk dalam olahraga olimpiade seperti senam dan tenis yang justeru tidak dilombakan.

Sampai hari ini, Jumat, (6/12/2013) Chinlone, sudah mengeluarkan 4 medali emas yang mana 2 medali emas untuk kategori Chinlone Man dan Women Linking direbut atlet-atlet dari Myanmar, sementara 2 medali emas untuk kategori Same Stroke, baik putra dan putri diraih atlet-atlet dari Thailand.

Hasil dari Cabang Chinlone ini menempatkan Thailand sebagai pemimpin klasemen perolehan medali sementara SEA Games 2013 dengan 2 medali emas dan 2 perak. Disusul di bawahnya, tuan rumah, Myanmar dengan 2 medali emas.

Indonesia sendiri sampai dengan berita ini ditulis masih berada di urutan ke-7 atau satu tingkat di bawah Brunei Darussalam yang telah mengoleksi 4 medali perunggu.

Pastinya perolehan medali ini akan berubah setelah acara pembukaan tanggal 11 desember medatang, karena dihari tersebut rencanaya akan mempertandingkan 18 cabang olah raga.

Sea Games Myanmar ini merupakan Sea Games ke 27, Menurut Jadwal, acara pembukaan dilaksanakan tanggal 11 Deseber dan akan ditutup tanggal 22 Desember. Dalam Event sebanyak 35 cabang olah raga akan dipertandingkan, diikuti sekitar 6.000 Atlet dan akan memperebutkan 460 medali emas, 460 medali perak, dan 637medali perunggu.

Indonesia sendiri mengirimkan sebanyak 674 atlet yang terdiri dari 394 atlet putra dan 280 atlet putri.
Dengan jumlah Atlet tersebut, diharapkan kontingen Indonesia mampu mempertahankan gelar juara umum yang diperoleh saat event serupa di Jakarta 2011 silam,

Berikut ini Daftar perolehan Medali Sea Games 2013 Myanmar sampai pukul 16:36 WIB

Negara Emas Perak Perunggu
Thailand
2 2 0
Myanmar
2 0 0
Laos
0 1 2
Cambodia
0 1 1
Malaysia
0 0 4
Brunei
0 0 0
Indonesia
0 0 0
Philippines
0 0 0
Singapore
0 0 0
Timor-Leste
0 0 0
Vietnam
0 0 0
Akses mudah Aktual Post melalui perangkat mobile di http://m.aktualpost.com secara langsung dari ponsel atau baca berita dari Aktual Post di UC Browser. Untuk mendapatkan berita menarik dari Aktual Post di Facebook Anda klik disini.
KOMENTAR ANDA
BERITA VIDEO
Copyright © 2013 - 2014 Aktual Post, All Rights ReservedKembali Ke Atas