Home » Nasional »

Menpan : Pengumuman CPNS K2 Diundur Bulan Februari

Buat peserta tes CPNS 2013 dari jalur Honorer K2 yang menantikan pengumuman nama-nama peserta yang dinyatakan lulus ujian tahun ini namapknya harus kembali bersabar, setelah pemerintah sempat menjadwalkan pengumuman K2 akan dilakukan pada akhir bulan ini, atau tepatnya tanggal 27 januari 2014 mendatang ternyata akan diundur lagi.

Menurut keterangan dari KemenPAN-RB alasan mundurnya pelaksanaan pengumuman hasil tes CPNS Honorer kategori dua ini karena masih harus melakukan validasi data.

MenPAN-RB, Azwar Abubakar mengatakan, untuk pengumuman hasil tes CPNS honorer diundur hingga Februari. “Belum tahu. Lagi dibahas. Mungkin bulan depan. Belum saya lihat lagi,” ucap Azwar Abubakar Seperti dikutip dari Lensaindonesia di depan Kantor BPK sembari menunggu mobilnya, Rabu (22/1/2014).

Azwar Abubakar juga mengungkapkan, saat ini Lembar Jawaban Komputer (LJK) tes CPNS honorer masih dalam tahap validisasi. Sementara itu, Azwar juga mengumumkan pertengahan tahun ini akan ada penerimaan CPNS 2014 .

“Tahun ini kita buka kalau bisa ujiannya itu pertengahan tahun. Kita percepat, jangan akhir tahun seperti yang lalu. CPNS ini kita lagi usahakan ujiannya Juni apa Juli. Sebelum Pilpres atau sesudah Pilpres. Kira-kira seperti itulah,” ungkapnya.

Sebelumnya Azwar Abubakar menegaskan, para pelamar yang gagal dalam tes CPNS 2013 bisa menyiapkan diri dan berjuang lagi dalam tes CPNS 2014.

Khusus untuk peserta seleksi CPNS dari jalur tenaga honorer kategori 2 (gaji dan pendapatannya tidak dibayar melalui APBN/APBD) yang tidak memenuhi passing grade, Azwar Abubakar meminta Pemerintah Daerah (Pemda) untuk bijak dalam memperlakukan mereka.

“Yang pasti, sudah tidak ada lagi yang namanya tenaga honorer. Kalau pemerintah daerah masih membutuhkan tenaganya, sebaiknya diikat dalam bentuk kontrak,” tegas Azwar.

Azwar Abubakar juga mengajak Pemda agar membantu para pemuda yang akan mengikuti seleksi CPNS dengan mengkoordinir bimbingan belajar.

Hal itu perlu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan para pemuda dalam mengerjakan soal-soal tes CPNS. Sehingga mereka bisa bersaing dengan peserta dari luar daerah.

“Kalau kita kalah bersaing dengan peserta dari luar daerah, maka kapasitasnya harus ditingkatkan lagi, bukan sistemnya yang diubah,” jelas Azwar.

Penundaan tanggal pengumuman CPNS K2 ini pastinya akan menimbulkan kekecewaan kepada para peserta, karena sampai saat ini rencana pengumuman tersebut sudah mengalami beberpa kali penundaan dan terkesan mengambang karena tidak menetukan tanggal pasti kapan pengumuman CPNS K2 akan dilaksanakan.

Tahun ini ada sebanyak 640 ribu honorer K2 yang mengikuti test, dan jika penetapan kuota sebesar 30 persen secara nasional, maka akan ada sekitar 218 ribu orang yang akan diangkat menjadi CPNS tahun ini

Akses mudah Aktual Post melalui perangkat mobile di http://m.aktualpost.com secara langsung dari ponsel atau baca berita dari Aktual Post di UC Browser. Untuk mendapatkan berita menarik dari Aktual Post di Facebook Anda klik disini.
KOMENTAR ANDA
BERITA VIDEO
Copyright © 2013 - 2014 Aktual Post, All Rights ReservedKembali Ke Atas