Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Dunia / 2,2 Juta Bayi telah diselamatkan lewat Darah James Horrison

2,2 Juta Bayi telah diselamatkan lewat Darah James Horrison

60.james-harrison-gif

Sungguh mulia hati James Harrison, seorang pria berkewarganegaraan Australia. Sosoknya bisa dibilang sebagai pendonor darah yang paling banyak menyelamatkan nyawa manusia, makanya wajar bila dijuluki ‘Si Tangan Emas’.

Darah dalam tubuh Harrison sudah menyelamatkan sekitar dua juta nyawa bayi yang terkena gejala rhesus. Penyakit ini memang membutuhkan bantuan darah yang sangat langka, dan Harrison memiliki darah tersebut.

Harrison sendiri telah mendonorkan darahnya sejak usia 18 tahun. Awal kali pertama mendonor darahnya, ketika harus menjalani operasi, ayahnya mengabarkan bahwa darah untuk badannya adalah darah donor.

“Pada tahun 1951 saya harus menjalani operasi bedah, karena paru-paru saya harus dioperasi. Setelah operasi, ayah memberitahu bahwa saya menerima 13 liter darah donor dari orang yang bahkan saya tak tahu siapa. Sejak saat itu, saya bertekad untuk menjadi pendonor darah,” tutur Harrison.

Pria berusia 78 tahun ini punya antibodi yang tak umum di dalam darahnya, sehingga bisa digunakan sebagai injeksi Anti-D, sebuah obat yang digunakan untuk menolong penderita penyakit rhesus.

Gejala Rhesus bisa terjadi bila ibu hamil yang punya darah rhesus-negatif, sementara bayinya punya darah rhesus-positif. Dalam kasus seperti ini, antibodi dari Ibu hamil itu akan merusak sel darah merah dari bayi, selama masa kehamilan. Di sinilah diperlukan Anti-D tadi.

Jemma Falkenmire dari Palang Merah Australia mengakui kalau Horison sudah menyelamatkan jutaan bayi yang akan lahir dengan kondisi rhesus. Semua Anti-D yang dibuat di Australia, semuanya berasal dari darah James Harrison.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

permainan-game-di-korea

Bintang Tamu Ini Bercinta di Depan Penonton Saat Siaran Langsung

Sebuah video merekam aksi dua bintang tamu berbaring di lantai di sebuah studio TV saat ...