Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / 3 Nama Calon Kandidat Terkuat Jadi Ketua Umum NU & Muhammadiyah di Muktamar 2015

3 Nama Calon Kandidat Terkuat Jadi Ketua Umum NU & Muhammadiyah di Muktamar 2015

Muktamar NU & Muhammadiyah, Ini Profil 3 Calon Terkuat Jadi Ketua

Bulan Agustus 2015 dua ormas besar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah sedang melakukan Muktamar. Salah satu agendanya adalah memilih ketua umum baru yang kelak membawa kedua ormas itu berkontribusi lebih baik kepada masyarakat. Lantas siapa saja nama kandidat calon terkuat sebagai ketua pada Muktamar NU dan Muhammadiyah tahun 2015?

Nama Calon Terkuat sebagai Ketua di Muktamar NU

Sejauh ini tiga nama sudah terang-terangan siap maju sebagai calon Ketua PBNU. Tiga nama itu adalah Kiai Salahudin Wahid atau Gus Solah (Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng), Kiai Said Aqil Siroj (Ketua PBNU sekarang) dan Kiai Idrus Ramli (Dewan Pakar Aswaja Center NU Jawa Timur).

“Saya selalu optimis, tidak pernah pesimis. Sejak merantau ke luar negeri selama 13 tahun saya selalu optimis. Saya tidak pernah mengatakan akan mundur. Saya siap menang dan siap kalah, saya siap maju dengan siapa saja rois aam-nya” ungkap Said menegaskan kesiapannya maju sebagai Ketua PBNU dalam jumpa pers, Senin (3/08).

Bagaimana dengan Gus Solah? Dirinya pun menegaskan kesiapannya untuk maju sebagai ketua PBNU. “Jadi tidak benar sekali kalau saya mundur, bahkan pendukung saya menguat. Sekarang kira-kira sudah separuh” tegas Gus Solah, beberapa waktu lalu.

Sementara itu Kiai Idrus Ramli juga siap mencalonkan diri karena merasa NU harus diselamatkan dari pihak-pihak yang ingin membelokkan NU keluar dari faham Aswaja atau Ahlussunnah wal Jamaah.

“Setelah salat istiqoroh, minta petunjuk dari Allah, dan setelah meminta persetujuan dari sejumlah kiai yang dekat dengan saya, tenyata banyak kiai yang mendorong saya untuk mencalonkan diri” tegas Idrus Ramli.

Nama Calon Terkuat sebagai Ketua di Muktamar Muhammadiyah

Sidang tanwir atau tingkat nasional Muhammadiyah telah meloloskan 39 nama calon formatur pimpinan pusat Muhammadiyah periode 2015-2020. Nama Anwar Abbas melejit di urutan pertama dalam bursa calon ketua umum pimpinan pusat Muhammadiyah. Dalam pemilihan suara di tingkat tanwir, Anwar mengantongi 151 suara.

Di urutan kedua ditempati Abdul Mu’ti dengan selisih hanya satu suara. Dia memperoleh 150 suara dukungan. Sementara di posisi ketiga ada A. Dahlan Rais yang mendapat 149 suara. Perolehan suara Dahlan sama dengan Yunahar Ilyas di posisi keempat.

Anwar Abbas merupakan bendahara umum Muhammadiyah periode sekarang, 2010-2015. Pengajar sekaligus ulama kelahiran 15 Februari 1955 ini pernah menjabat Wakil Rektor II dan IV IKIP Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Jakarta yang sekarang bernama Uhamka.

Abdul Mu’ti saat ini menjabat sebagai sekretaris PP Muhammadiyah. Masuk di Muhammadiyah tahun 1994, Abdul Mu’ti pernah menjabat sebagai Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jateng periode 2000-2002, kemudian Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah periode 2002-2006, dan Sekretaris Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah 2005-2010.

Di lain pihak A. Dahlan Rais saat ini menjabat sebagai ketua PP Muhammadiyah. Adik kandung Amien Rais ini menyelesaikan gelar S1 di IKIP Semarang dan pendidikan S2 di Universitas Gadjah Mada. Pria kelahiran tahun 1951 ini masih aktif sebagai dosen Universitas Sebelas Maret dan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...