Home / Berita / Regional / 300 Juta Guna Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar Terpilih

300 Juta Guna Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar Terpilih

300 Juta Guna Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar Terpilih
Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur (merdeka.com)

300 Juta Guna Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar Terpilih – Kamis, 13 Juni 2013 cagub dan cawagub Jabar terpilih Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar akan resmi dilantik. Dan kabar yang dilansir oleh Kompas menyebutkan bahwa dana sebesar Rp.300 juta telah digelontorkan untuk melaksanakan upacara pelantikan ini. Sebagaiman yang juga dkabarkan oleh Kompas, rencananya Kamis pagi ini (13/06/2013) akan dilaksanakan upacara pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur yag baru. Mereka adalah Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar yang memenangkan Pilkada Jabar untuk masa bakti 2013-2018. Rencananya upacara pelantikan ini akan dilaksanakan di di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat. Menurut yang diungkapkan Kepala Biro Humas Protokol dan Umum Pemerintah Provinsi Jawa Barat Rudy Gandakusumah  acara pelantikan cagub dan cawagub terpilih ini akan dihadiri oleh sejumlah menteri dan gubernur-gubernur dari seluruh provinsi di Indonesia. Selain mengundang para tokoh penting, Rudy Gandakusumah juga mempersilahkan masyarkat umum untuk datang dan menghadiri upacara pelantikan Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar. Rudy mengatakan bahwa gubernur baru mengitruksikan agar semua lapisan masyarakat bisa hadir dan menyaksikan upacara pelantikan ini.

Rudy juga mengatakan bahwa upacara pelantikan ini telah memakan biaya anggaran sebesar Rp.300 juta, dan dana ini diambil dari APBD Provinsi Jabar. Kompas mengutip pernyataan Kepala Biro Humas Protokol dan Umum Pemerintah Provinsi Jawa Barat Rudy Gandakusumah  terkait biaya pelantikan sebesar Rp.300 juta ini. Saat ditemui di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat, Kamis ini Rudy mengungkapkan “Dana yang dihabiskan semuanya Rp 300 juta. Dana ini diambil dari APBD dan sudah dianggarkan sebelumnya, bahwa untuk pelantikan gubernur kita menganggarkan Rp 300 Juta. Mau cukup, tidak cukup, ya, dicukup-cukupkan.” Dana itu, menurut Rudy akan dialokasikan untuk sewa gedung, tenda, meja kursi, snack, katering dan lain sebaginya yang mendukung upacara pelantikan ini. Rudy juga mengtakan cukup tak cukup, anggaran Rp300 juta ini tak akan ditambah atau dikurangi. Namun jika kurang maka itu adalah tanggung jawab panitia pelantikan.

Sementara itu, menurut pantauan wartawan, jelang persiapan pelantikam ini jalan di sekitar Gedung Merdeka sudah mulai disiagakan dan diamankan. Ratusan aparat gabungan dari TNI, Polri dan Satpol PP juga terlihat mulai berjaga disekitar area pelantikan. Rencananya Jalan Asia Afrika akan dialihkan sementara waktu antara pukul 10.00 WIB saat acara dimulai sampai berakhirnya acara pelantikan sekitar pukul 12.00 WIB.

Baca Juga

Ketua Pengadilan Agama Kepergok di Hotel, Lagi…

“Benar-benar kembali mencoreng profesi hakim” ungkap juru bicara Komisi Yudisial (KY), Farid Wajdi (Selasa, 11/10/2016). ...