Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Politik / 36 Hari Menjabat, Bupati Rokan Hulu Ditangkap KPK!

36 Hari Menjabat, Bupati Rokan Hulu Ditangkap KPK!

Nasib naas harus dialami Bupati Kabupaten Rokan Hulu, Suparman yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

36 Hari Menjabat, Bupati Rokan Hulu Ditangkap KPK!

Perjalanan Suparman menjadi bupati di Negeri Seribu Suluk sangat berliku. Sebelumnya dia harus bertarung dengan calon petahana, Hafidz Syukri yang sebelumnya menjabat Wakil Bupati Rokan Hulu. Berpasangan dengan Sukiman, Suparman kembali harus bertarung di Mahkamah Konstitusi (MK).

Beberapa bulan menjalani sidang, majelis hakim di MK memenangkannya sebagai peserta pilkada dan berhak dilantik menjadi bupati. Hanya saja pengumuman juga datang dari KPK yang menetapkannya sebagai tersangka suap.

Suap atau janji itu sendiri diduga melibatkan Suparman sewaktu menjadi anggota DPRD Riau 2009-2014. Dia diduga sebagai penghubung uang pelicin dari Gubernur Riau kala itu, Annas Maamun untuk mengesahkan RAPBD-P 2014 dan RAPBD Riau Tahun Anggaran 2015.

Berstatus tersangka, Suparman tetap ingin dilantik bersama pasangannya, Sukiman pada April lalu. Pelantikan kemudian disiapkan dan dilakukan gladi resik. Usai persiapan itu, Mendagri Tjahjo Kumolo mengirim surat pembatalan pelantikan.

Alasannya, belum ada gubernur Riau defenitif dan melihat status tersangka Suparman. Pendukung Suparman bergejolak, Gedung DPRD Riau diduduki. Tak ingin terjadi apa-apa, Arsyadjuliandi Rachman sebagai Plt Gubernur saat itu langsung berkoordinasi ke Mendagri.

Alhasil, pelantikan Suparman dan wakilnya disetujui. Hanya saja dilaksanakan di Jakarta, tidak di DPRD Riau. Pelantikan dilakukan pada 22 April 2016 lalu di Jakarta. Usai dilantik, KPK kemudian mencekal politikus Partai Golkar itu.

Namun Suparman tetap melanjutkan tugasnya sebagai bupati, meski tak genap 2 bulan atau hanya 36 hari. Dia pun ditahan bersama mantan Ketua DPRD Riau Johar Firdaus, usai diperiksa Selasa (7/6/16). Dia dititipkan di Rutan Guntur, sambil menunggu berkasnya naik ke penuntutan.

Below Article Banner Area

Baca Juga

ini-isi-puisi-fadli-zon-untuk-dua-tahun-pemerintahan-jokowi-jk

Ini Isi Puisi Fadli Zon untuk Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, rupanya disambut oleh Wakil Ketua DPR ...