Home / Gaya Hidup / Kecantikan / 4 Tanda Vital Tubuh Berikut Mesti Dipastikan Normal Kondisinya

4 Tanda Vital Tubuh Berikut Mesti Dipastikan Normal Kondisinya

 

denyut jantungSetiap manusia memiliki beberapa tanda vital yang menunjukkan indikator kesehatan secara umum. Tanda ini berhubungan dengan pernapasan, darah, dan kondisi jantung. Dikutip dari She Know, jika ditemui ketidakwajaran pada tanda-tanda ini disarankan memeriksakan diri ke dokter ahli.

Berikut ini empat tanda vital yang mesti diperhatikan setiap orang:

Saturasi oksigen. Ini adalah istilah yang dipakai untuk melihat seberapa banyak oksigen yang masuk paru-paru bisa didistribusikan melalui darah ke seluruh tubuh. Idealnya, staurasi oksigen berjalan 100 persen. Namun kalau angkanya sudah diatas 95 persen sudah dianggap memadai. Perlu dipahami, semua jaringan pada organ tubuh memerlukan oksigen secara kontinyu untuk bekerja.

Di samping itu, cara yang baik untuk menjaga saturasi oksigen adalah dengan menjaga berat badan tetap idel. Kelebihan berat badan kerap memunculkan sleep apnea dan tambahan massa di bagian tengah tubuh sehingga  menghambat pernapasan. Hal ini dapat mengurangi distribusi oksigen.

Laju pernapasan. Banyaknya jumlah bernapas setiap menitnya bisa menjadi sinyal beres tidaknya organ paru-paru Anda. Normalnya, orang bernapas dalam satu menit sekitar 12-18 kali. Jika angkanya lebih tinggi atau lebih rendah, maka kondisi paru-paru sebaiknya diperiksakan. Beberapa penyebab ketidaknormalan bernapas adalah kanker, infeksi, hingga perdarahan pada paru-paru. Di lain sisi, tinggi-rendahnya laju pernapasan juga diakibatkan oleh kondisi alergi seperti asma. Stres juga bisa memicunya.

Tekanan darah. Kondisi dalam pembuluh darah ibarat sebuah tabung tipis yang dialiri oleh air. Jika aliran ini meningkat, maka akan terjadi tekanan terhadap tabung dan akhirnya lebih sulit untuk dikontrol. Saat tekanan berlebih dimungkinkan tabung menebal dindingnya. Begitu pula kalau seseorang mengalami tekanan darah tinggi, pembuluh darah bisa menebal atau disebut dengan aterosklerosis. Tebalnya dining pembuluh darah membuat oksigen yang terpasok tidak mencukupi. Aterosklerosis menjadi pemicu penyakit jantung koroner, arteri perifer, dan stroke. Tekanan darah yang normal berada di antara 120/80 mmHg. Kurang atau lebih dari angka ini sebaiknya dikonsultasikan pada dokter.

Denyut jantung. Denyut jantung yang normal pada kondisi santai adalah 60-80 denyut per menit. Jika detak jantung makin tinggi, maka kerja jantung semakin keras dalam memompa darah. Untuk menjaga denyut jantung tetap normal, usahakan berolahraga untuk kardio selama 30 menit setiap hari. Jika rata-rata detak jantung Anda lebih tinggi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter jantung.

Baca Juga

Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Jika Anda berbelanja di supermarket dalam keadaan lapar, kemungkinan besar Anda justru akan membeli banyak ...