Home / Gaya Hidup / Kecantikan / 5 Cara Mencegah Hipertensi Pada Ibu Hamil

5 Cara Mencegah Hipertensi Pada Ibu Hamil

ibu hamil

Hipertensi gestasional adalah peningkatan tekanan darah yang muncul karena terjadinya kehamilan. Hipertensi ini biasa muncul setelah usia kehamilan telah menginjak 20 minggu. Hipertensi lain yang juga kerap dialami ibu hamil adalah hipertensi pre-eklampsia yang menjadi bagian dari hipertensi gestasional. Pada hipertensi ini, tekanan darah bisa mencapai angka 160/110 mmHg.

Jika ibu hamil terdeteksi mengalami masalah ini, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter untuk segera dicari solusinya. Dikutip dari laman Boldsky, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar ibu hamil tidak mengalami hipertensi gestasional:

  1. Mengambil waktu untuk istirahat. Ibu hamil mesti memiliki jatah waktu istirahat yang lebih banyak dibandingkan  wanita lainnya. Istirahat akan membantu ibu hamil lebih rileks dan tidak stres. Stres yang tinggi akan memicu naiknya tekanan darah. Ditambah lagi, stres bisa makin memuncak dengan adanya perubahan hormonal yang khas terjadi di masa kehamilan.
  2. Berolahraga dengan porsi seimbang. Olahraga secara ilmiah dapat menyetabilkan tekanan darah. Namun perlu diingat, ibu hamil harus memilih jenis olahraga yang ringan dan tidak membahayakan janin. Porsi olahraga minimal dua jam dalam seminggu. Untuk jenis latihannya dapat melakukan yoga, berenang, dan sebagainya. Hanya saja, semua jenis olahraga yang akan dilakukan sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter kandungan.
  3. Hindari dehidrasi. Pasalnya, kekurangan cairan memberikan efek tidak menyehatkan bagi tubuh, salah satunya peningkatan tekanan darah. Minum banyak air sepanjang hari agar tubuh selalu terhidrasi.
  4. Hentikan aktivitas fisik jika menimbulkan ketegangan pada tubuh, peningkatan denyut jantung, atau mungkin muncul rasa sakit. Lebih-lebih jika terjadi perdarahan sebaiknya langsung periksa ke rumah sakit.

Kurangi konsumsi garam. Garam adalah salah satu pemicu hipertensi gestasional. Garam akan menyerap cairan tubuh sehingga laju darah menjadi kurang lancar.

 

Baca Juga

Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Jika Anda berbelanja di supermarket dalam keadaan lapar, kemungkinan besar Anda justru akan membeli banyak ...