Home / Gaya Hidup / Kecantikan / 5 Efek Samping Pil dan Suntik KB

5 Efek Samping Pil dan Suntik KB

Aktualpost.com – KB saat ini sedang marak juga digalakkan oleh pemerintah Indonesia untuk menekan jumlah manusia di Indonesia. Namun, perlu diketahui juga bahwa bahwa pil atau suntik KB ternyata dapat menimbulkan efek samping. Nah, oleh karena itu setidaknya pemerintah memberikan sosialisasi terhadap dampak pil dan suntik KB ini. Bagi yang tidak tahu, ini dia beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh pil KB ataupun suntik KB.

1. Sakit Kepala, Pusing, Nyeri Payudara

Seperti dilansir Health.com, efek samping ini sering terjadi oleh wanita yang mengonsumsi pil KB atau suntik KB. Hal ini wajar terjadi, namun akan hilang beberapa saat setelah mengonsumsi. Jadi, jangan khawatir untuk efek samping ini.

2. Mual

Hal ini juga sering terjadi. Namun efek samping ini biasanya terjadi berkepanjangan. Mual yang dialami wanita yang mengonsumsi pil KB biasanya terjadi hinga beberapa minggu atau bulan. Namun, jika hal ini tidak kunjung hilang, segeralah konsultasi dengan dokter.

3. Perubahan Suasan Hati dan Mood

Nah, ini juga sering terjadi. Beberapa wanita yang mengonsumsi KB, biasanya akan mengalami mood yang random. Kadang marah, senang, atau tidak karuan. Ini bisa diatasi juga dengan anti-depresan.

4. Penurunan Libido

“Untuk beberapa wanita, jika Anda mengganti pil KB dengan salah satu yang lebih androgenik (seperti testosteron), libido akan datang kembali,” kata Dr Hutcherson.

Coba dengan beberapa metode lain jika anda mengalami efek samping ini.

5. Pendarahan

Hal ini biasanya hal yang paling membuat wanita menjadi terlihat gila. Pendarahan terjadi khususnya bagi wanita yang menggunakan pil atau suntikan KB serta implan.

Nah, itu dia beberapa efek samping pil kb yang biasa dialami oleh wanita yang mengonsumsi atau mengguakan pil KB atau suntikan KB. Jika efek samping yang anda alami lebih buruk, maka segeralah konsultasi dengan dokter.

Baca Juga

Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Jika Anda berbelanja di supermarket dalam keadaan lapar, kemungkinan besar Anda justru akan membeli banyak ...