Home / Gaya Hidup / Kecantikan / 5 Makanan untuk Meningkatkan Fungsi Otak

5 Makanan untuk Meningkatkan Fungsi Otak

 

Otak memegang peranan penting saat manusia masih dalam keadaan hidup. Dari organ inilah semua aktivitas tubuh dikoordinasi, baik untuk tindakan dalam keadaan sadar atau tidak. Misalnya, otak mengatur gerak berbagai bagian dalam organ pencernaan, produksi hormon, dan sebagainya. Lebih penting juga, otak menjadi pusat seseorang untuk berpikir hingga mengambil keputusan.

Merawat otak bukan pekerjaan sekali jadi. Namun organ tersebut mesti dijaga sepanjang waktu sehingga fungsinya bisa diandalkan kapan saja. Untuk merawat otak ada banyak cara, salah satunya dengan mengonsumsi makanan tertentu. Dikutip dari Times of India, berikut beberapa makanan yang berguna untuk mempertahankan fungsi otak:

  1. Minyak ikan. Dalam minyak ikan terdapat kandungan asam lemak omega 3. Asam lemak ini dalam jumlah cukup dapat mencegah hilangnya memori otak. Pada sebuah kasus kecelakaan parah di Amerika Serikat, seorang remaja yang mengalami kerusakan parah pada jaringan otaknya bisa kembali pulih setelah mengonsumsi minyak ikan secara teratur. Minyak ikan bisa didapat dari ikan sarden, salmon, hingga makarel. Sekarang juga banyak dijual minyak ikan dalam bentuk kapsul lunak. Konsumsi ikan minimal dua kali seminggu untuk kebaikan otak.
  2. Sayuran hijau. Sayuran seperti bayam atau brokoli kaya dengan antioksidan berupa vitamin C dan beta karoten. Sayuran hijau juga dikenal memiliki asam folat tinggi. Zat-zat tersebut dikenal dapat merawat fungsi otak dalam menerima informasi sekaligus menyimpannya sebagai memori.
  3. Telur. Beberapa kandungan otaktelradalah zat besi, yodium, dan vitamin B12.  Zat besi akan membantu produksi sel darah merah yang  berguna dalam transportasi oksigen ke otak. Sementara yodium berperan untuk meningkatkan kemampuan otak dalam memecahkan masalah. Protein pada putih telur juga bagus untuk membangun otot tubuh.
  4. Teh hijau. Otak juga memerlukan air agar terus terhidrasi. Komponen otak 80 persen adalah air. Minum air dalam jumlah cukup sangat penting bagi otak. Menambahkan secangkir teh hijau dalam kebiasaan minum turut membantu kemampuan otak dalam hal kewaspadaan dan peningkatan memori. Antioksidan di dalamnya dapat mengurangi risiko demensia.
  5. Coklat. Makanan lezat ini kaya dengan antioksidan flavonoid yang diketahui meningkatkan fungsi kognitif otak.  Flavonoid turut membantu pembentukan sel saraf otak (neuron ) baru  yang berguna dalam peningkatan memori dan melancarkan aliran darah ke otak. PIlih coklat hitam untuk manfaat maksimal dari coklat.

Baca Juga

Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Jika Anda berbelanja di supermarket dalam keadaan lapar, kemungkinan besar Anda justru akan membeli banyak ...