Home / Gaya Hidup / Kecantikan / 5 Manfaat Olahraga Lari

5 Manfaat Olahraga Lari

lari

Tidak perlu menjadi atlit kalau hanya untuk berolahraga lari. Anda bisa melakukannya kapan pun dengan biaya yang sangat murah. Meluangkan waktu untuk lari pagi, misalnya, hanya memerlukan niat kuat untuk memulainya. Olahraga ini sebenarnya punya banyak manfaat jika dilakukan secara rutin.

Dikutip dari laman She Knows, orang yang terbiasa berolahraga lari bisa mendapatan menfaat seperti berikut:

  1. Meningkatkan kemampuan memori otak. Dalam sebuah publikasi dari Psychonomic Bulletin & Review disebutkan, olahraga secara teratur membantu menjaga kerja memori otak tetap prima. Tidak peduli usia Anda, berlari menimbulkan manfaat tersbut bagi isi kepala.
  2. Menurunkan risiko kanker. Laporan yang termuat dalam American College of Sports Medicine mengungkapkan, wanita usia 30 tahun ke atas semakin kecil risikonya terkena kanker payudara jika mereka terus aktif secara fisik. Luangkan waktu untuk olahraga lari sekalipun di atas alat treamill.
  3. Berlari bagus untuk kesehatan tulang dan sendi. Lari maupun jalan cepat akan membangun massa otot dan menguatkan tulang. Hal tersebut berguna pula untuk membuat lutut tetap sehat. Dr David Felson dari Universitas Boston mengatakan, lari ibarat latihan beban yang memperkuat dan membangun tulang rawan pada sendi.
  4. Mengurangi tingkat stres. Lari dan olahraga fisik pada umumnya, membantu mengurangi rasa cemas yang dialami seseorang. Jika Anda sedang mengalami stres berat, lebih baik luangkan waktu untuk berolahraga meski hanya 30 menit untuk setiap sesi latihan.
  5. Lari dapat membantu kehidupan sosial seseorang. Pasalnya, saat olahraga lari dilakukan, Anda akan bertemu dengan banyak orang di jalanan. Anda bisa berinteraksi dengan mereka walau hanya bertukar sapa.Ini memunculkan sikap percaya diri dalam berinteraksi dengan orang lain. Anda turut menjaga kesehatan mental.

Baca Juga

Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Jika Anda berbelanja di supermarket dalam keadaan lapar, kemungkinan besar Anda justru akan membeli banyak ...