Home / Gaya Hidup / Kecantikan / 5 Penyebab Gusi Bengkak

5 Penyebab Gusi Bengkak

sakit gigi

Gusi bengkak sangat menyiksa. Rasa nyerinya bisa sampai membuat sakit kepala kala sedang parah. Saat terkena tersentuh makanan pun gusi terasa linu. Dan, penyebab dari gusi yang bermasalah ini bisa beragam bentuknya.

Gusi yang normal akan berwarna merah muda (pink). Ketika terjadi pembengkakan, gusi terlihat lebih merah.A da kalanya jika penyebabnya, infeksi bakteri akan timbul benjolan nanah. Isinya cairan kuning kehijauan dan seringkali menimbulkan aroma mulut yang tidak sedap.

Mari melihat berbagai penyebab gusi membengkak. Dengan memahami berbagai penyebabnya, Anda bisa mawas diri terhadap berbagai faktor yang ada:

  1. Kebersihan mulut. Mulut yang bersih akan meminimalisasi hadirnya bakteri patogen mulut dalam jumlah berlebih.  Bakteri ini sering hadir saat kondisi di dalam mulut terdapat sisa-sisa makanan. Makanan yang tertinggal di sela gigi menyebabkan bakteri lebih cepat berkembang biak. Inilah yang kemudian membuat gusi membengkak setelah terjadi infeksi bakteri. Jangan lupa untuk selalu sikat gigi minimal dua kali sehari. Setelah makan, usahakan minimal berkumur untuk membuang sisa makanan di mulut.
  2.  Pemakaian kawat gigi (behel). Gusi  yang bengkak dapat pula diakibatkan pemakaian behel yang sangat ketat. Akibatnya, behel terlalu erat menempel pada gusi yang menyebabkan iritasi. Hal ini memicu inflamasi atau peradangan.
  3. Terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman kaya gula. Gula adalah sumber makanan bagi bakteri. Kalau banyak gula tertinggal di dalam mulut, perkembangan bakteri menjadi cukup cepat. Selanjutnya terjadi keasaman dari hasil metabolisme bakteri dan infeksi yang bisa menyerang gusi.
  4. Kekurangan vitamin dan mineral tertentu. Orang yang mengalami defiiensi vitain B, C, asam folat, dan kalsium cenderung lebih mudah mengalami pembengkakan gusi. Selain itu, orang tersebut juga gampang terkena sariawan.
  5. Kehamilan. Ibu hamil lebih mudah mengalami gusi bengkak. Pasalnya, pada trimester pertama dan kedua, terjadi peningkatan hormon estrogen dan progesteron yang membuat sirkulasi darah pada gusi meningkat. Gusi lebih sensitif dan gampang bengkak.

Baca Juga

Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Jika Anda berbelanja di supermarket dalam keadaan lapar, kemungkinan besar Anda justru akan membeli banyak ...