Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Dunia / 5000 Gaun dan Rok dipajang di Stadion Sepak Bola Kosovo, Ada Apa?

5000 Gaun dan Rok dipajang di Stadion Sepak Bola Kosovo, Ada Apa?

Women look at an art installation of women dresses, named "Thinking of You" by Kosovo-born, London-based artist Alketa Mrripa-Xhafa, in Pristina, Kosovo, June 12, 2015. REUTERS/Hazir Reka

Ide dan karya seniman ada-ada saja. Kreatifitas yang dilahirkan tidak pernah terbayangkan oleh kita semua. Contohnya saja seniman di Kosovo. Mereka membuat sebuah karya seni instalasi yakni memajang sekitar 5000 gaun dan rok di tengah stadion sepakbola Kosovo.

Seniman sengaja membuat seni instalasi tersebut sebagai lambang bagi korban kekerasan seksual di masa Perang Kosovo antara 1998-1999 silam.

Disamping itu, karya seni instalasi ini sendiri dibuat sebagai media untuk mengkritik kebijakan parlemen Kosovo atas hukum kesejahteraan bagi korban perkosaan dan kekerasan seksual, dimana hingga kini pemerintah masih menggodok kebijakan tersebut.

Seperti dilansir Reuters, seniman Alketa Xhafa Mripa  mengungkapkan bahwa saat kekerasan terjadi, banyak masyarakat yang diam dan menolak berbicara di depan publik. Mereka saling menyalahkan dan merasa malu.

“Saat itu ketika perang, saya yang kelahiran Kosovo sudah berada di London dan mungkin ini bisa saja terjadi pada setiap wanita siapa pun,” ujarnya.

Pameran karya seni instalasi yang disebut dengan ‘Thinking of Your’ menampilkan gaun dan rok dengan aneka warna. Ketika angin bertiup, gaun-gaun tersebut akan bergoyang di bawah langit biru Stadion Sepak Bola Kosovo.

Sejumlah publik figur ikut serta berpartisipasi dengan menyumbangkan salah satu gaun ataupun rok. Ada gaun dan rok milik Rita Ora dan Cherie Blair, juga milik presiden perempuan pertama Kosovo Atifete Jahjaga.

Di salah satu rok karya seniman tersebut tertulis, “Rok ini menyimpan banyak cerita tersembunyi dari mata tahun 1998. Dardani, Peje.”

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

permainan-game-di-korea

Bintang Tamu Ini Bercinta di Depan Penonton Saat Siaran Langsung

Sebuah video merekam aksi dua bintang tamu berbaring di lantai di sebuah studio TV saat ...