Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Headline / 580 Orang Daftar Capim KPK, Profesi Beragam dan Asalnya Menyebar

580 Orang Daftar Capim KPK, Profesi Beragam dan Asalnya Menyebar

pansel kpk 78

Hari Jum’at (3/7) kemarin merupakan batas akhir Pendaftaran Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Panitia Seleksi Capim KPK mencatat ada 580 orang yang mendaftarkan diri.

Dari jumlah itu, ternyata profesinya beragam dan penyebarannya pun merata.

Menurut Juru Bicara Pansel KPK Betti Alisjahbana,”Mereka profesinya beragam, ada dokter, wartawan, guru, bahkan ada petani.”

Bukan hanya itu, Pansel pun menyambut positif sebab pendaftarnya merata, datang dari Aceh hingga Papua.

“Yang menarik penyebarannya luar biasa merata. Ada Papua, Aceh, Sulawesi, Sumatera,” ungkap Ketua Pansel Destry Damayanti di Gedung Setneg, Jl Veteran, Jakarta.

Pansel melihat, banyaknya pendaftar diluar ekspetasi. Sehingga hal ini menunjukkan kepedulian masyarakat terhadap masalah korupsi di negeri ini.

“Pansel ini tugasnya mengantar ke Presiden. Bahwa monitoring bukan urusan kita tetapi monitoring kita semua, kalau penyebarannya merata ini indikasi bahwa masyarakat punya concern terhadap korupsi,” kata Destry.

Walaupun demikian, Pansel KPK akan tetap fokus pada kualitas, bukan kuantitas. Kepedulian terhadap KPK dan pemberatasan korupsi di Indonesia ditanggapi positif oleh masyarakat luas.

“Kami melihat bahwa ini ternyata masyarakat masih aware terhadap KPK meskipun mungkin 50an persen belum lengkap dokumennya. Jadi artinya walaupun dia tidak melengkapi dokumen tetap ada kepedulian dari mereka terhadap KPK. Tanggapannya jadi positif. Tetap buat kami kualitas lebih penting,” jelasnya.

Hari Sabtu (4/7) ini, Pansel akan mengumumkan peserta yang lolos tahap pertama di Setneg. Kemudian masyarakat bisa memberi masukan kepada Pansel mengenai rekam jejak para peserta dengan melihatnya di website.

“Kita coba menyaring dengan berbagai cara, pertama besok pukul 14.00 WIB ketika kita umumkan nama yang lolos, kita juga umumkan situs/laman tempat kita menampung masukan,” kata Jubir Pansel KPK Betti Alisjahbana.

Masyarakat, sambung Betti, bisa memilih nama itu, ada formnya, dia bisa masukan komentar, dan data pendukung seperti foto, dan dokumen. Kita lebih mudah, nanti masing-masing orang keluar dari masukan masyarakat.

“Yang Kedua, melalui deskripsi diri, kita akan tahu yang bersangkutan. Ketiga kita kerjasama dengan berbagai institusi penelusuruan rekam jejak, polri, BIN dan sebagainya,” sambungnya.

Dijelaskan pula oleh Betti, peserta yang lolos pada tahap pertama bukan hanya dilihat dari kelengkapan administrasi. Tapi juga persyaratan yang diatur oleh UU KPK.

“Apakah mereka memenuhi syarat 15 tahun di bidang hukum, perbankan dan sebagainya. Misalnya dia berpengalaman, tapi scoopnya kecil, ini susah diharapkan memimpin KPK yang sedemikian besar, dan punya tanggungjawab besar,” imbuhnya.

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...