Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Serba - serbi / Artikel / (6) Almh.Lim Pan Siok Meninggal di Usia 101 Tahun

(6) Almh.Lim Pan Siok Meninggal di Usia 101 Tahun

Setelah dalam kurun waktu lima belas tahun dimana kesehatan Lim Pan Siok pada dasarnya tidak ada menderita sakit gula, darah tinggi dan penyakit internis lainnya kecuali penglihatan dan pendengaran yang sudah menurun. Pada masa hidupnya Lim Pan Siok pernah di rawat di rumah sakit sebanyak 4 kali, dan pernah masuk ICU karena kondisinya yang kritis, tapi selalu dengan sehat kembali setelah keluar dari rumah sakit. Sejak akhir Desember 2014 kesehatan Lim Pan Siok mulai menurun, daya ingat mulai berkurang terkadang lupa dan sulit mengingat, suara juga sudah tidak selantang sebelumnya, akhirnya pada April 2015 Lim Pan Siok dirawat untuk yang ke empat kalinya, pernah setelah keluar dari rumah sakit dirawat di rumah, namun akhirnya tanggal 12 Mei 2015 Lim Pan Siok meninggal dunia dalam usia 101 tahun.

Lim Pan Siok terakhir masuk RS Mitra Kemayoran, ini adalah foto terakhir Lim Pan Siok masuk lift RS

Untuk tradisi warga Tionghoa atau yang beragama Budha, biasanya jenazah tidak langsung dikebumikan atau dimakamkan. Jenazah di semayamkan terlebih dahulu di rumah duka sampai ada hari baik baru dikebumikan. Keluarga Lim Pan Siok mengambil waktu agak lama karena banyak para sanak famili serta kerabat yang tinggal jauh seperti anaknya dari USA, cucunya dari Australia dan Singapore. Dan mereka semua datang ke Indonesia untuk memberi penghormatan terakhir di rumah duka di Cirebon dan mempunyai kesempatan dalam menghadiri upacara pemakaman di Kuningan.

Awalnya pihak keluarga dari Lim Pan Siok memutuskan untuk menyemayamkan jenazah Lim Pan Siok di salah satu rumah duka di Jakarta. Namun ternyata hampir semua rumah duka di Jakarta menolak dengan alasan bahwa jika ingin disemayamkan di rumah duka tersebut maka harus membeli peti yang disediakan di rumah duka itu dan tidak boleh memakai peti lain ataupun yang kita sediakan sendiri.

Alasan yang sebenarnya kurang tepat atau terlalu mengada-ada, bahkan terlihat ada unsur bisnis didalamnya. Peti mati dari almarhumah Lim Pan Siok terbuat dari kayu jati asli yang digunakan khusus untuk Peti mati tradisional negeri TiongKok (Siu Pan) dan peti tersebut dilengkapi ukiran Lagendaris Tiongkok yaitu 8 Dewa menyeberangi lautan, ini melambangkan 8 unsur kesempurnaan dari para Dewa! Dengan harapan dapat mengantar roh almarhumah sampai keseberang sana yaitu SURGA.

Akhirnya pihak keluarga membawa jenazah Lim Pan Siok ke rumah duka Talang di Cirebon Jawa Barat , yang dekat dengan tempat pemakaman di Kuningan yang sebelumnya Lim Pan Siok sudah menyiapkan disamping makam suaminya.

Banyak keluarga dan kerabat yang datang ke rumah duka Talang Cirebon untuk mendoakan dan menghadiri pemakaman Lim Pan Siok. Terlihat dari mereka memakai baju berwarna pink atau merah muda. Menurut adat Tiongkok, jika ada salah satu keluarga atau kerabat yang meninggal dalam usia kurang dari 80 tahun biasanya mereka menggunakan baju berwarna putih, semua hiasan bunga dan taplak meja semua pakai warna putih, warna putih menandakan rasa duka yang dalam karena ditinggalkan. Namun kali ini keluarga dan kerabat Lim Pan Siok memakai baju warna pink atau merah muda, hal tersebut karena keluarga Lim Pan Siok bukannya berduka namun bersuka cita untuk Lim Pan Siok yang bisa melewati usia 90 tahun sehingga mereka merasa bersyukur dengan anugrah ini.


Foto Keluarga besar Lim Pan Siok di rumah duka Talang, Cirebon

Prosesi pemakaman Lim Pan Siok yang sesuai dengan traditional Tiongkok sungguh unik dan penuh dengan makna .

Upacara traditional itu antara lain …..

Below Article Banner Area

Baca Juga

Ucapan-Selamat-Tahun-Baru-Islam

BBM dan SMS Kata-Kata Mutiara Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 2015 1 Muharram 1437 H

Besok umat islam akan merayakan tahun baru Hijriyah dimana 1 Muharram 1437H jatuh pada hari ...