Home / Gaya Hidup / Kecantikan / 6 Cara Mencegah Gagal Ginjal

6 Cara Mencegah Gagal Ginjal

cuci darah ginjal
Proses cuci darah

Jangan pandang remeh persoalan gagal ginjal. Penyakit akibat menurunnya fungsi organ ginjal ini bisa membuat orang harus melakukan hemodialisa atau cuci darah seumur hidupnya. Darah yang mengandung residu tidak mampu disaring oleh ginjal sehingga mengakibatkan tubuh dipenuhi oleh darah kotor. Padahal dalam keadaan normal, ginjal akan menyaring hingga 200 liter darah yang dua liter diantaranya mengandung racun, limbah, dan air.

Seperti dikutip Kompas, limbah dan air akan keluar melalui urin. Ginjal yang normal turut memroduksi hormon yang bertugas mengatur tekanan darah, produksi hemoglobin, dan memelihara tulang. Untuk mengurangi risiko gagal ginjal, berikut beberapa langkah yang disarankan:

  1. Lakukan tes kesehatan ginjal. Ada dua tes yang dapat dilakukan yaitu tes urin untuk albumin dan tes darah untuk kreatinin. Albumin yaitu protein yang jika terdapat pada urin dalam jumlah berlebih, menjadi pertanda adanya kerusakan pada filter ginjal. Risiko jika sudah parah dapat menimbulkan kebocoran. Sementara kreatinin yaitu residu dari metabolisme otot yang dibuag oleh ginjal. Protein ini dipakai untuk memperkirakan estimated glomerular filtration rate (eGFR) yang menjadi tanda kemampuan ginjal untuk menyaring residu dalam darah.
  2. Menjaga diri dari hipertensi dan menyeimbangkan gula darah. Keduanya jika dalam tahap berlebihan akan merusak ginjal. Pasalnya, pembuluh darah di ginjal bisa terkoyak dan menurunkan fungsi organ ini.
  3. Jaga indeks massa tubuh. Tubuh obesitas cenderung membahayakan fungsi ginjal. Pasalnya, ginjal harus bekerja lebih aktif dalam melakukan filter terhadap racun dari proses metabolisme. Di samping itu, pemilik tubuh obesitas cenderung memiliki hipertensi dan risiko diabetes. Hal ini membuat tubuh obesitas makin berisiko.
  4. Tidak merokok. Menghentikan hisapan asap rokok sangat baik dalam mendukung kesehatan ginjal. Bukan itu saja, orang yang tidak terpapar rokok jauh lebih sehat secara fisik keseluruhan. Hindari untuk menjadi perokok aktif maupun pasif.
  5. Aktif secara fisik dan mengontrol pola makan. Tubuh yang sering diajak bergerak baik dengan olahraga atau berbagai aktivitas lainnya, lebih menyehatkan untuk ginjal. Ini bisa menjadi cara mencegah gagal ginjal. Di samping itu, makanan juga dibatasi haya untuk yang bergizi tinggi dan seimbang dalam mengonsumsinya.

Baca Juga

Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Jika Anda berbelanja di supermarket dalam keadaan lapar, kemungkinan besar Anda justru akan membeli banyak ...