Home / Gaya Hidup / Kecantikan / 6 Manfaat Wortel yang Mungkin Belum Anda Ketahui

6 Manfaat Wortel yang Mungkin Belum Anda Ketahui

wortel

Wortel ada baiknya menjadi salah satu bagian dalam menu santapan Anda. Sayuran ini sangat kaya dengan nutrisi yang menyehatkan tubuh. Baik dikukus, dibuat jus, hingga direbus, semuanya membawa kebaikan. Mengonsumsinya bersama dengan sayuran lain akan menambah semakin banyak.

Dikutip dari Care2 ada banyak manfaat yang bisa diambil dari wortel. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Warna oranye terang pada wortel sebenarnya disusun dari beta karoten. Ini adalah antioksidan yang cukup kuat. Antioksidan ini kemudian diubah menjadi vitamin A selama terjadinya proses pencernaan. Di samping warna oranye, ada pula antioksidan warna merah dan ungu yang menjadi penyusunnya.
  2. Wortel yang dimasak jauh lebih kaya gizi daripada dikunyah secara mentah. Pasalnya, saat dimasak, akan terjadi pemecahan dinding sel kulit sayuran yang sebelumnya sulit ditembus. Inilah proses yang membuat gizi dari wortel segera keluar, termasuk beta karoten. Namun, jangan terlalu lama memasaknya agar gizinya tidak hilang karena kepanasan.
  3. Di samping beta  karoten, wortel kaya dengan serat, vitamin C, vitamin K, dan berbagai mineral penting lain.
  4. Pria yang rutin makan wortel akan meningkat kesuburannya. Zat dalam wortel membuat sperma melaju lebih cepat menuju sel telur. Hal ini salah satu faktor pemicu kejadian kehamilan. Demikian menurut studi dari Universitas Harvard.
  5. Wortel merupakan sayuran paling manis yang pernah ada. Sebagian penyusunnya terdiri dari gula yang terpusat di bagian inti. Jika ingin menghindari gula sebaiknya pilih wortel beruuran sedang.
  6. Wortel dapat dipakai sebagai pengganti mentega yang tinggi kalori pada roti. Di samping itu, wortel memberikan warna cantik pada roti dan menyuplai rasa manis. Seratnya yang bertekstur tebal baik untuk kesehatan pencernaan.

Baca Juga

Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Jika Anda berbelanja di supermarket dalam keadaan lapar, kemungkinan besar Anda justru akan membeli banyak ...