Home / Berita / Serba - serbi / Artikel / 6 Perbedaan Budaya antara Tiongkok dan Amerika Serikat

6 Perbedaan Budaya antara Tiongkok dan Amerika Serikat

Hidup dalam budaya yang berbeda dapat menjadi pengalaman menarik dan menantang. Anda harus belajar praktek budaya yang berbeda dan mencoba untuk beradaptasi dengan mereka. Berikut enam perbedaan budaya antara Tiongkok dan Amerika Serikat untuk meningkatkan saling pengertian diantara dua budaya tersebut.

1. Privasi
Orang Tiongkok memiliki konsep yang berbeda mengenai privasi dibanding dengan orang Amerika. Mereka orang Tiongkok dapat berbicara tentang topik-topik seperti usia, pendapatan atau status perkawinan, dimana untuk orang Amerika menganggap membicarakan hal tersebut adalah mengganggu dan membuat tidak menyenangkan.

2. Keluarga
Di Tiongkok, orang tua secara tradisional diperlakukan secara bermartabat dan dengan rasa hormat yang tinggi. Sementara anak muda akan dihargai dan dipelihara. Di Amerika, tujuan keluarga adalah untuk mendorong kemandirian, terutama sejak dari anak-anak. Berbeda dengan Tiongkok, Orang Amerika yang sudah tua jarang tinggal bersama anak-anak mereka.

3. Teman
Orang Tiongkok memiliki arti yang berbeda untuk mendefinisikan teman dibanding orang Amerika. Teman nongkrong bersama dari waktu ke waktu bukan merupakan persahabatan. Persahabatan adalah teman seumur hidup dan merasa sangat berkewajiban untuk saling memberi bantuan apa pun yang mungkin diperlukan. Orang Amerika selalu memanggil orang-orang jika mereka ingin bertemu teman-teman, sehingga definisi teman bersifat umum dan berbeda. Ada teman kerja, teman bermain, teman-teman sekolah dan teman-teman minum.

4. Uang
Seperti diketahui, budaya Tiongkok pasti ingin menabung. Mereka selalu berhati hati ketika mereka berencana untuk membelanjakan uang. Hal ini berbeda di Amerika Serikat, di mana keluarga hanya mempunyai tabungan sedikit untuk menghadapai keadaan darurat dan untuk biaya pendidikan dibanding rekan-rekan Tiongkok mereka.

5. Pendidikan
Orang Tiongkok menilai pendidikan dan karir lebih tinggi dibanding orang Amerika dan lebih menekankan pada karakter yang baik serta iman.

6. Kolektivisme vs Individualisme
Pada dasarnya Tiongkok sangat menghargai kebersamaan dan AS menghargai individu. Jika Anda mencapai sesuatu di AS, itu karena Anda yang dapat  dibanggakan. Sementara di Tiongkok, jika Anda mencapai sesuatu di Tiongkok itu karena tim, atau keluarga, atau perusahaan yang baik. Segala sesuatu yang Anda lakukan akan dikaitkan dengan keseluruhan yang lebih besar, sementara di Amerika dirayakan hanya untuk kepentingan individu.

Baca Juga

She’s Back! Linda Hamilton Kembali untuk ‘Terminator 6’

Jakarta – Linda Hamilton, pemeran Sarah Connor dilaporkan kembali untuk film teranyar dari franchise Terminator. ...