Nasional

3 Situs Pengumuman Hasil Tes CPNS 2013 Online adalah KemenPAN-RB, BKN, dan JPNN

on

Pengumuman Hasil Ujian CPNS 2013 Akan Dilaksanakan 4 Desember

Suasana Ujian CPNS

Menurut KemenPAN-RB Pengumuman Hasil test TKD CPNS 2013 akan dilaksanakan hari ini, (24/12/2013) dimana ada 3 situs yang akan menyediakan pengumuman hasil TKD CPNS tahu ini secara online.

Ketiga situs resmi tersebut adalah KemenPAN-RB, BKN, dan JPNN. disamping diumumkan secara online, pengumuman hasil tes cpns 2013 ini juga bisa dilihat di koran Jawa Pos grup. pada pengumuman kali ini, pusat hanya akan mengumumkan nilai hasil ujianya saja dan untuk penetapan kelulusan tetap di tangan pejabat pembina kepegawaian (PPK). Pasalnya, rincian formasi dan kebutuhan pegawai ada di masing-masing instansi.

“Panselnas hanya mengumumkan keseluruhan data peserta seleksi CPNS, baik yang menggunakan sistem CAT maupun lembar jawab komputer (LJK). Untuk besok, yang diumumkan baru pelamar umum saja,” kata SesmenPAN-RB, Tasdik Kinanto di kantornya, Senin (23/12) seperti dikutip dari JPNN.

Format pengumumanya yang nantinya akan diupload di ketiga situs penyedia pengumuman cpns online tersebut hanya akan dicantumkan nama, nomor urut peserta, hasil nilai TKD (tes karakteristik pribadi, tes intelegensia umum, tes wawasan kebangsaan), dan total nilai.

Nantinya juga akan ada keterangan apakah dengan tersebut, peserta memenuhi passing grade atau tidak, akan tetapi meski nilainya memenuhi passing grade belum tentu peserta tersebut lolos menjadi CPNS karena harus melihat jumlah formasi yang dia lamar dan yang diterima yang memiliki nilai tertingi.

“Masing-masing pelamar akan tahu apakah dia lolos passing grade atau tidak. Hanya saja meski lolos passing grade belum jaminan dia lulus CPNS,” ucapnya.

Kelulusan CPNS, lanjut Tasdik, setelah memenuhi passing grade, dilihat apakah memenuhi formasi atau tidak. Bila formasi yang disiapkan untuk lima orang, yang lolos jadi CPNS berarti rangking satu sampai lima. Sedangkan yang rangking enam dan seterusnya, dinyatakan tidak lulus CPNS.

“Namun untuk penetapannya harus PPK. Panselnas tidak berhak menetapkan kelulusan. Sekali lagi yang kami umumkan adalah hasil TKD-nya ya,” tegasnya.

Pada pengumuman cpns 2013 ini nantinya semua nilai peserta akan diupload semua, dengan tujuan untuk transparansi, agar para pelamar bisa tahu berapa nilainya. Seperti yang kita ketahui dalam pengumuman cpns daerah sebelumnya hanya menyebutkan nama peserta yang lulus saja tanpa menyebutkan berapa nilai masing-masing peserta.

Meskipun pengumuman test CPNS akan dilakukan serentak hari ini, akan tetapi ada sebagian wilayah timur Indonesia tidak bisa melaksanakannya. Rencananya diundur hingga pekan kedua Januari.

“Ada beberapa daerah yang tidak bisa diumumkan hasil TKD-nya besok. Terutama di wilayah timur seperti Papua dan Bau-bau Barat,” kata Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja.

Dijelaskannya, penundaan tersebut karena Panselnas harus mensinkronkan biodata yang ada. Baik Papua dan Bau-bau Barat belum memasukkan sama sekali biodata sehingga Panselnas dan Konsorsium Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tidak bisa memeriksa.

CPNS tahun 2013 ini dikuti sekitar 1,5 juta peserta yang ikut TKD. Terdiri atas 877 ribuan pelamar umum dan 640 ribuan honorer K2, dengan formasi yang diperebutkan ada 65 ribu kursi.

Berikut 3 alamat situs penyedia pengumuman Hasil Tes CPNS 2013 Selengkapnya

Link Alternatif Untuk melihat pengumuman Hasil tes cpns 2013
Link yang bisa digunakan untuk mengecek :

Menurut informasi yang kami dapatkan daftar nama-nama peserta yang dinyatakan lolos ujian CPNS 2013 bisa mulai dilihat pada pukul 12:00 WIB

Advertisement

Berita Terkait

Komentar