Home / Gaya Hidup / Kecantikan / 7 Gejala Tubuh Kelebihan Gula

7 Gejala Tubuh Kelebihan Gula

makan daging merah

Penyebab awal dari hadirnya penyakit diabetes adalah hiperglikemia. Ini adalah kondisi meningkatnya kadar gula darah secara berlebihan. Dalam tahap awal, hiperglikemia menempatkan seseorang pada kondisi pra-diabetes. Jika sudah parah, maka diabetes akan menyerang.

Kelebihan gula darah dialami seseorang saat nilainya konsisten berada di angka 200-350 miligram per desiliter. Kondisi seperti ini mesti diperhatikan dan dicari cara agar nilai dapat stabil kembali. Hiperglikemia memiliki beberapa gejala yang khas. Pahami gejala tersebut dan segera lakukan pengecekan gula darah kalau Anda mengalaminya.

Dikutip dari Boldsky, berikut tujuh tanda tubuh yang mengalami hiperglikemia:

  1. Terjadi peningkatan rasa haus. Ini adalah gejala umum dari hiperglikemia. Selain itu, mulut terasa lebih kering dari biasanya.
  2. Kerap buang air kecil. Orang yang kadar gulanya sedang tinggi lebih sering merasakan ingin buang air kecil. Bahkan, sensasi ini tetap dirasakan sekalipun kondisi kandung kemih sudah kosong dari air seni.
  3. Merasa lesu. Pada saat hiperglikemia terjadi, penderitanya mengalami mood yang buruk akibat lesu yang meninggi. Dia juga merasa kelelahan, sakit kepala, dan kadang penglihatannya kabur.
  4. Terasa lapar sepanjang waktu. Jika Anda merasa terus lapar padahal sudah mengonsumsi banyak makanan, bisa jadi pertanda gula darah cukup tinggi. Gejala ini umum terjadi di samping rasa haus yang menyiksa.
  5. Tubuh mengalami dehidrasi. Wajarnya, dehidrasi muncul akibat banyak cairan tubuh yang hilang karena aktivitas fisik. Namun ketika tubuh kebanyakan kandungan gula, cairan lebih cepat terkuras.
  6. Berat badan mengalami penurunan tanpa sebab. Ini sebenarnya bukan hanya gejala hiperglikemia. Pasalnya, bisa juga menjadi tanda dari adanya kanker atau penyakit lainnya. Namun kala gula darah cukup tinggi, penurunan berat badan bisa terjadi.
  7. Ditemukan glukosa pada urin. Pada saat hiperglikemia terjadi, urin bisa mengandung gula. Tidak jarang ditemui, urin akan dikerubungi oleh semut yang menyukai gula. Hal tersebut terjadi lantaran glukosa tidak mampu diserap oleh ginjal sepenuhnya sehingga turut larut ke dalam urin.

Baca Juga

Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Jika Anda berbelanja di supermarket dalam keadaan lapar, kemungkinan besar Anda justru akan membeli banyak ...