Home / Berita / Serba - serbi / Artikel / (8) Pemakaman Almarhumah Lim Pan Siok Sesuai Adat Tradisional Tiongkok, Unik dan Penuh Makna (Part 2)

(8) Pemakaman Almarhumah Lim Pan Siok Sesuai Adat Tradisional Tiongkok, Unik dan Penuh Makna (Part 2)

Selain itu, agar rezeki tidak putus dan terus mengalir ke anak cucu, dilakukan pembakaran uang yang disimbolkan dengan pembakaran uang-uangan kertas. Pembakaran uang ini khusus untuk orang meninggal, harus dilakukan terus menerus selama jasad masih disemayamkan di rumah duka sampai jasad dibawa ke pemakaman.


Uang-uangan kertas yang dibakar terus menerus sampai jasad dimakamkan

 

Selain rumah-rumahan kertas yang melambangkan kemakmuran dan kesuksesan, ada juga sebuah tandu yang didepannya terdapat beberapa penjaga yang disediakan makanan dan minuman.

Kesemuanya mencerminkan bahwa setelah kehidupan almarhumah Lim Pan Siok setelah meninggal mempunyai beberapa pembantu yang semuanya diperlakukan dengan baik.

Rumah-rumahan kertas inipun nantikan akan dibakar setelah jasad dimasukkan ke liang lahat


Tandu dengan para penggotongnya dengan makanan dan minuman


Terdapat buah semangka yang mempunyai arti…..

 

Dalam gambar terdapat buah semangka, yang mana buah semangka tersebut akan di hancurkan didepan mobil jenazah sebelum berangkat ke pemakaman.

Maknanya bahwa di Surga ada penjaga yang suka makan semangka, maka pada waktu peti mati diberangkatkan ke mobil Jenazah, keluarga memberikan semangka untuk Penjaga Surga agar almarhumah Lim Pan Siok diperlakukan istimewa.


Buah pisang melambangkan….

 

Selain itu terdapat satu sisir buah pisang, yang maknanya adalah sebagai pemersatu keluarga. Jadi walau almarhumah Lim Pan Siok sudah meninggal dunia, keluarga terutama anak dan cucunya tetap bersatu, selalu bersama baik dalam suka maupun duka .


Berbagai jenis makanan yang memiliki makna penting, diantaranya ……

 

Terdapat 12 mangkuk nasi, ketika ditanyakan apa maknanya dan mengapa ada 12 mangkuk, dijelaskan bahwa 12 mangkuk nasi itu adalah yang paling baik dan sangat sempurna dan selain nasi juga banyak berbagai macam makanan, kue dan buah-buahan yang diperuntukkan untuk para roh leluhur yang datang mengunjungi almarhumah Lim Pan Siok untuk memberikan doa.
Selain itu juga terdapat hewan seperti kepala babi, ikan dan ayam. Kepala babi melambangkan darat, ikan melambangkan laut dan ayam melambangkan udara yang melambangkan kehidupan didunia ini meliputi kehidupan darat, laut dan udara.


Kepala babi yang seharusnya disediakan oleh para menantu laki almarhumah Lim Pan Siok

 

Sedangkan kepala babi yang seharusnya di sediakan oleh para menantu laki almarhumah Lim Pan Siok, melambangkan bahwa almarhumah Lim Pan Siok mempunyai anak perempuan dan sudah menikah. Kepala babi melambangkan bahwa almarhumah Lim Pan Siok mempunyai menantu laki. Jika menantu laki ada tiga maka kepala babi yang harus disediakan juga harus tiga.

Baca Juga

Ada 331,9 Juta Nama Domain di Dunia

Jakarta – Perkembangan teknologi yang cukup masif belakangan ini berdampak peningkatan jumlah nama domain di ...