Home / Berita / Dunia / 8 WNI Diduga sebagai Perompak Kapal Tanker, Kementerian Luar Negeri RI Kirim Tim Untuk Verifikasi

8 WNI Diduga sebagai Perompak Kapal Tanker, Kementerian Luar Negeri RI Kirim Tim Untuk Verifikasi

Diduga sebanyak delapan perompak kapal tanker Malaysia MT Orkim Harmony telah ditangkap di Pulau Thochu oleh otoritas Vietnam adalah warga negera Indonesia (WNI), karena saat diinterogasi oleh Angkatan Laut Malaysia, mereka berbicara dalam bahasa Melayu dengan aksen Indonesia.

Terkait hal tersebut, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI mengirimkan sebuah tim ke Vietnam untuk memverfikasikan dugaan yang disampaikan oleh pihak Angkatan Laut Malaysia.

“Sejak ada informasi bahwa mereka telah ditangkap oleh otoritas Vietnam, kami langsung melakukan komunikasi dengan Duta Besar (Dubes) Hanoi, Vietnam, dan Konsulat Jenderal (Konjen) kami di Kota Ho Chi Minh, dan juga mengirim tim ke sana,” ungkap Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi, ketika ditemui wartawan di kantor Kemlu di Jakarta, Senin 22 Juni 2015.

“Hal pertama yang dilakukan tim kami di sana adalah meminta akses kekonsuleran kepada otoritas Vietnam. Mengapa pertama kali tim harus melakukan itu, karena kami perlu memverifikasi status kewarganegaraan mereka. Kedua, jika memang sudah dipastikan, WNI kita di sana harus terjamin hak-hak hukumnya,” lanjut Menlu Retno.

Seperti diinformasikan sebelumnya, sebuah kapal tanker asal Malaysia, MT Orkim Harmony yang mengangkut Lima anak buah kapal (ABK) asal Indonesia, 16 Malaysia dan 1 Myanmar tidak diketahui keberadaannya pada Kamis (11/06/2015) . Mereka dinyatakan hilang setelah kapal dirampok bajak laut di perairan Tanjung Sedili, Malaysia. Kapal tersebut membawa muatan kurang lebih 6.000 metrik ton BBM sejenis pertamax plus.

Pihak Angkatan Laut Malaysia yang menemukan kapal tanker Orkim Harmony menginformasikan bahwa kapal tersebut dibajak oleh delapan orang dan mereka beraksen Indonesia. Mereka bersenjata parang dan senapan dan perompak berbicara dalam bahasa Melayu, namun, nahkoda kapal tanker itu tidak membolehkan kapal Angkatan Laut Malaysia mendekat.

Baca Juga

Selfie Langka Pemain Terbaik Dunia 2017

Jakarta – Mereka boleh saja saling berjibaku di lapangan hijau untuk jadi yang terbaik dunia. ...