Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / 9 Maret, Gerhana Matahari Total : BMKG Imbau Warga Pakai Kacamata ND5 saat GMT, Ini Penjelasannya

9 Maret, Gerhana Matahari Total : BMKG Imbau Warga Pakai Kacamata ND5 saat GMT, Ini Penjelasannya

kacamata

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karangkates, Jawa Timur, mengimbau agar warga untuk memakai kacamata saat terjadi gerhana Matahari total (GMT) pada 9 Maret 2016.

“Masyarakat diimbau tidak menatap secara langsung ke atas saat GMT karena dapat mengakibatkan kerusakan pada retina mata,” ujar Kepala Geofisika BMKG Karangkates, Musripan, saat dihubungi dari Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin (7/3) seperti dilansir Antara.

Untuk dapat menyaksikan GMT diperlukan kacamata khusus, bukan sekedar kacamata hitam yang biasa dipakai untuk berkendara atau sekedar bergaya.

Kemampuan minimal “lensa” kacamata khusus itu adalah menyerap alias meredam cahaya Matahari hingga 1/100.000 kali.

Salah satu material yang pas untuk keperluan itu adalah filter ND5, yang bisa disubstitusi material lain dengan kemampuan setara.

Di wilayah Jawa Timur, kata dia, masyarakat hanya bisa melihat gerhana Matahari sebagian, tidak sampai total karena GMT ada di sekitar wilayah 0 derajat/equator atau 0-5 derajat Lintang Utara/Lintang Selatan, sementara di Pulau Jawa letaknya di wilayah 6-8 derajat Lintang Selatan.

Waktu lintasan GMT sendiri kali ini diperkirakan pada pukul 06.21 WIB dan puncak gerhana (Bulan mulai menutupi Matahari) sekitar pukul 07.21 WIB.

GMT diperkirakan terjadi pada Rabu pagi (9/3) dan akan melintasi 11 provinsi di Indonesia, yakni Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...