Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Serba - serbi / Artikel / (9) Pemakaman almarhumah Lim Pan Siok Sesuai Adat Tradisional Tiongkok, Unik dan Penuh Makna (Part 3)

(9) Pemakaman almarhumah Lim Pan Siok Sesuai Adat Tradisional Tiongkok, Unik dan Penuh Makna (Part 3)

Perlengkapan lain yang disediakan adalah berupa seperangkat baju serta alat mandi, seperti sikat gigi. Menurut kepercayaan Budha, selama 49 hari arwah almarhumah Lim Pan Siok masih berada di dunia atau masih mengunjungi keluarga. Menurut kepercayaan selama di rumah duka, roh almarhumah masih ada, jadi seperangkat alat mandi dan pakaian adalah kebiasaan sehari-hari almarhumah masih tetap disediakan.

Seperangkat pakaian dan alat mandi , seperti sikat gigi.

Setelah semua perlengkapan yang menjadi syarat untuk upacara atau doa bagi almarhumah Lim Pan Siok, maka satu persatu anak, mantu, cucu, memberi doa dan penghormatan pada mama, oma, maco almarhumah Lim Pan Siok.

UPACARA MALAM KEMBANG DENGAN TRADITIONAL TIONGKOK

Acara doa dimulai dengan menyalakan Hio, semacam dupa. Setelah mendoa, lalu melakukan penghormatan dengan sujud sebanyak empat kali lalu berlutut sambil melakukan PAI diulang sebanyak dua kali, jadi delapan kali sujud dan dua kali PAI

Yang dimaksud dengan PAI, yaitu dengan mengepal kedua tangan lalu di acungkan ke arah jasad atau peti almarhumah Lim Pan Siok. PAI i itu sendiri dimaksudkan adalah memberikan penghormatan kepada almarhumah Lim Pan Siok.
PAI juga dilakukan ketika bertemu dengan sesama orang Tionghoa pada hari-hari tertentu, dimaksudkan bahwa kita menghormatinya dan biasanya orang tersebut akan melakukan PAI juga kepada keluarga. Saling melakukan PAI.

Dua anak perempuan almarhumah Lim Pan Siok , berdoa dengan menyalakan Hio.

Empat menantu perempuan almarhumah Lim Pan Siok, berdoa dengan menyalakan Hio.

Anak dan Cucu-cucu almarhumah Lim Pan Siok bersujud sebagai tanda penghormatan

Melakukan Pai oleh cucu-cucu sebagai tanda penghormatan kepada almarhumah Lim Pan Siok


Salah satu anak almarhumah Lim Pan Siok mencoba memanggil roh leluhur dengan melempar uang logam, bila tidak berhasil, anak almarhumah Lim Pan Siok yang lain yang mencoba memanggil

Ritual yang di lakukan yaitu melempar dua mata keping uang logam yang yang namanya “SIO PWE”. Jika setelah di lempar, jatuh dan terlihat 2 lambang yang sama ( dua-dua nya angka atau dua-duanya gambar) maka harus di ulang. Karena makna dari hal tersebut adalah permintaan yang anda tanyakan dikabulkan atau tidak. Namun jika kedua uang logam yang dilemparkan terjatuh dengan dua lambang yang berbeda (satu angka dan satunya gambar ) maka permintaan anda telah disetujui.


Dua keping Logam diputarkan searah jarum jam, diatas dupa yang terletak di depan peti almarhumah Lim Pan Siok.

Sebelum melempar uang, salah satu anak berdoa sambil melakukan Pai, lalu uang yang akan dilempar di putar diatas dupa yang terletak di atas meja dimana semua persyaratan untuk doa di letakkan disana. Diputar searah jarum jam, setelah itu baru dilemparkan.


Inilah yang disebut “ SIO PWE”

Below Article Banner Area

Baca Juga

Ucapan-Selamat-Tahun-Baru-Islam

BBM dan SMS Kata-Kata Mutiara Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 2015 1 Muharram 1437 H

Besok umat islam akan merayakan tahun baru Hijriyah dimana 1 Muharram 1437H jatuh pada hari ...