Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Bisnis / Ada 14 Lembaga Terancam Dibubarkan, Menpan-RB Buka Suara : Tidak Akan Ada Pemecatan Pegawai

Ada 14 Lembaga Terancam Dibubarkan, Menpan-RB Buka Suara : Tidak Akan Ada Pemecatan Pegawai

Yuddy_Chrisnandi_8

 

Sebanyak 14 lembaga non struktural (LNS) terancam dibubarkan sebabnya tumpang tindih kewenangan. Kalau memang benar demikian, yang jadi pertanyaan adalah bagaimana nasib para pegawainya?

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi menuturkan bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan jika 14 LNS jadi dibubarkan. Tidak akan ada pemecatan, cuma akan ada pendistribusian pegawai ke lembaga yang bersesuaian.

“Nggak ada pemecatan. Kalau ada unsur PNS, didistribusikan dikembalikan ke Kementerian asalnya. Misalnya ada 2 instansi dari Kementerian Perdagangan, berarti kan ada PNS-nya, kalau instansinya diputuskan dibubarkan, maka pegawai-pegawainya kembali bertugas di sana,” papar Yuddy setelah rakor di kantor Kemenko Polhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (29/1).

Ditambahkan oleh Yuddy, dasar penilaian kelayakan pembubaran bukan soal jumlah SDM atau pun dana. Lebih kepada kewenangan masing-masing lembaga yang dianggap saling tumpang tindih.

“Nggak ada (nilai secara angka). Ini kan kajian akademis, konstitusi, kajian komprehensif, investigasi peninjauan lapangan, semua aspek. Delapan bulan dikerjakan,” terangnya.

Lebih lanjut, kata Yuddy, kalau dari anggaran nggak terlalu banyak, penggunaan SDM juga tidak terlalu banyak. Lebih kepada fungsi tugas dan kewenangan, kan dibagi habis dari pusat sampai daerah, jangan sampai ada institusi yang tugasnya sama. Ada pemborosan kewenangan.

Sebanyak 14 LNS yang direkomendasikan untuk dibubarkan dan diintegrasikan dengan lembaga bersesuaian merupakan lembaga yang dibentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah dan Peraturan Presiden.

Sekarang ini ada 27 LNS yang dibentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah dan Peraturan Presiden, namun demikian 11 LNS di antaranya akan dipertahankan mengingat tugas dan fungsinya masih diperlukan sampai waktu tertentu.

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

amnesti_pajak889

Periode I Tax Amnesty Berakhir hari ini, Dirjen Pajak: Kita akan Layani Sampai Selesai

Periode I program Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty bakal berakhir hari Jumat (30/9) ini. Untuk ...