Home / Headline / Ada Fenomena Lanina, BMKG Minta Masyarakat Waspadai Perubahan Cuaca saat ini

Ada Fenomena Lanina, BMKG Minta Masyarakat Waspadai Perubahan Cuaca saat ini

hujan-ilustrasi-730x350

 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Jawa Timur meminta kepada masyarakat waspada akan perubahan cuaca peralihan musim hujan ke musim panas seperti sekarang ini karena ada fenomena Lanina.

Prakirawan BMKG Juanda Ari Pulung Baskoro mengungkapkan dengan adanya Lanina tersebut maka hujan masih berpotensi terjadi meskipun saat ini sudah memasuki musim kemarau.

“Oleh karena itu kami meminta kepada warga masyarakat supaya mewaspadai perubahan cuaca karena peralihan tersebut sangat berpotensi terjadinya bencana banjir dan juga tanah longsor terutama untuk warga yang berada di lereng gunung,” ujarnya di Surabaya, Senin (20/6) seperti dikutip Antara.

Ditambahkan olehnya, pihaknya meminta kepada masyarakat untuk senantiasa melihat kondisi cuaca yang secara sporadis terjadi turun hujan di musim kemarau.

“Lanina sendiri merupakan fenomena turunnya suhu permukaan air laut di Samudera Pasifik yang lebih rendah dari wilayah sekitarnya sehingga bisa mengakibatkan musim hujan di atas kawasan Indonesia,” paparnya.

Lebih lanjut dikatakan, curah hujan tinggi bisa terjadi di beberapa wilayah di Indonesia terutama di Jawa Timur bahkan beberapa wilayah bisa berpotensi banjir dan longsor.

“Hujan lebat yaitu dengan curah hujan tinggi antara 50-200 milimeter perhari masih terus terjadi. Untuk itu warga tetap diminta waspada terutama warga yang berada di daerah lereng gunung dan warga yang berada di daerah langganan banjir seperti Bojonegoro, Tuban dan Lamongan serta Gresik,” terangnya.

 

 

Baca Juga

Pria Berpisau Lakukan Penyerangan di Pusat Perbelanjaan di Polandia

Jakarta – Seorang pria Polandia berusia 27 tahun melakukan serangan di pusat perbelanjaan yang ramai ...