Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Adanya Kasus Jual Ginjal, Politikus PKB Ini Merasa Prihatin

Adanya Kasus Jual Ginjal, Politikus PKB Ini Merasa Prihatin

ilustrasi-ginjal_

Anggota Komisi IX DPR, Nihayatul Wafiroh mengungkapkan bahwa sindikat penjual ginjal manusia tidak hanya melanggar UU No 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan khususnya pasal 64 ayat 3, namun jual beli organ tubuh manusia itu menunjukkan rapuhnya sistem perlindungan kesehatan pada warga negara.

“Ini sungguh memprihatinkan. Saya syok berat dengan berita tersebut. Bayangkan, orang menjual organ manusia kayak menjual baju saja. Pertimbangannya pun murni ekonomis,” ujar Nihayatul dalam keterangan tertulisnya, Minggu (31/1).

Oleh karena itu Politikus PKB ini mendesak agar aparat kepolisian mengungkap jejaring penjual organ tubuh manusia. Dia juga meminta agar pekerja medis yang terlibat dipidanakan.

“Saya minta aparat agar menemukan dan menjerat pelaku penjual organ seluruhnya, jangan sampai hanya masyarakat biasa, para oknum medis dan rumah sakit yang menjadi tempat operasi juga harus dihukum,” imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan Nihayatul, kalau dirinya juga berharap agar Kementerian Kesehatan segera bertindak merespons kasus tersebut. Menurutnya Kemenkes harus mengevaluasi ulang pekerja medis di tiap rumah sakit.

“Sambil menunggu hasil investigasi kepolisian, Kementerian Kesehatan tidak boleh diam. Harus melakukan langkah-langkah konkret untuk mengevaluasi kinerja, terutama terkait kinerja pengawasan terhadap para dokter dan rumah sakit. Evaluasi terhadap sistem pengawasan harus segera dilakukan. Supaya tidak terjadi lagi kekejaman ini. Kementerian Kesehatan harus menjadikan momen ini untuk mengevaluasi sistem perlindungan kesehatan pada masyarakat dengan memperbaiki sistem pengawasan pada para medis dan institusi kesehatan,” jelasnya.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...