Home / Bisnis / Artikel / ADB Beri Pinjaman Indonesia Rp135 Triliun Selama Lima Tahun

ADB Beri Pinjaman Indonesia Rp135 Triliun Selama Lima Tahun

Asian-Development-Bank-

Presiden Asian Development Bank (ADB) Takehiko Nakao menyampaikan bakal memberikan dukungan pembiayaan untuk Indonesia sebesar USD10 miliar atau setara Rp 135 triliun (kurs Rp13.500/USD) untuk lima tahun ke depan, lewat kapasitas peminjaman yang ditingkatkan. Menurutnya hal itu akan mendukung prioritas pembangunan pemerintah, terutama infrastruktur fisik dan sosial.

Ditambahkan pula, selain pinjaman untuk proyek, ADB secara aktif memanfaatkan pinjaman berbasis kebijakan (policy-based loan) dan pinjaman berbasis hasil (result-based lending).

“Pinjaman berbasis hasil merupakan pembiayaan yang pencairannya dikaitkan dengan hasil yang telah dicapai, dan bukan dengan biaya proyek yang telah dibelanjakan,” ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (12/2) seperti dilansir sebuah media online.

Seperti diketahui kalau pada tahun lalu, ADB juga memberikan dukungan pembiayaan sebesar USD1,67 miliar pada Indonesia, termasuk di dalamnya pinjaman program sebesar USD400 juta. Dana itu digunakan untuk mengembangkan pasar keuangan dan inklusi keuangan.

Kemudian pinjaman program lainnya sebesar USD400 juta untuk mengembangkan sektor energi, dan pinjaman berbasis hasil perdana sebesar USD600 juta untuk membantu peningkatan jaringan transmisi dan distribusi listrik di Sumatera.
 

Baca Juga

Periode I Tax Amnesty Berakhir hari ini, Dirjen Pajak: Kita akan Layani Sampai Selesai

Periode I program Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty bakal berakhir hari Jumat (30/9) ini. Untuk ...