Home / Berita / Dunia / Afrika Selatan Juga Sakit Akibat Kekerasan Xenofobia: Presiden Zuma

Afrika Selatan Juga Sakit Akibat Kekerasan Xenofobia: Presiden Zuma

CAPE TOWN – Afrika Selatan “Kami juga merasakan sakit karena pembunuhan tragis dan tidak masuk manusiawi terhadap tujuh orang asing”, Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma mengatakan Jumat, 24 April 2015.

“Ini adalah masa sulit bagi negara kami dan penduduknya. Jutaan orang yang cinta damai di Afrika Selatan merasa sakit karena mereka dituduh menjadi xenophobia dan hal tersebut adalah tidak benar,” kata Zuma dalam sebuah surat terbuka kepada penulis dan penyair Mozambik Mia Couto.

Dalam sebuah surat terbuka kepada Zuma sebelumnya, Couto menuduh Afrika Selatan berbalik melawan saudara Afrika, merupakan saudara yang telah mendukung perjuangan anti-apartheid.

Xenophobia adalah ketidaksukaan atau ketakutan terhadap orang-orang dari negara lain, atau yang dianggap asing, saat ini sedang melanda Afrika Selatan. Serangan xenophobia saat ini terutama ditargetkan imigran dari negara-negara Afrika lainnya.

“Afrika Selatan pasti tidak xenophobia. Tindakan minoritas kecil tidak boleh digunakan untuk menjadikan label dan stereotip terhadap lebih dari 50 juta orang,” kata Zuma.

Sejak tahun 1994, Afrika Selatan telah bekerja tanpa lelah untuk membangun kembali negara mereka dan membalikkan warisan apartheid kolonialisme, kata Zuma.

Kemajuan telah dibuat dalam membangun masyarakat yang didasarkan pada penghormatan terhadap hak untuk hidup, hak asasi manusia, kesetaraan dan martabat manusia, kata Zuma.

“Kami terus membangun masyarakat yang bebas dari segala bentuk diskriminasi. Kami melakukannya karena kami tahu rasa sakit yang diskriminasi karena warna kulit, bahasa atau kebangsaan.”

Dalam surat itu, disebutkan Zuma menjelaskan keramahan dan kemurahan hati yang diberikan kepadanya oleh Mozambicans selama pengasingannya di Mozambik.

“Kami setuju bahwa kita telah mengambil manfaat yang sangat besar dari solidaritas internasional dan persahabatan selama perjuangan kami melawan apartheid. Saudara-saudara kami di benua Afrika khususnya,” kata Zuma.

Baca Juga

Catat, Ini Tandanya Kamu Kekurangan Vitamin D

Sabtu,23/09/2017 19:06 WIB Browser anda tidak mendukung iFrame Vitamin D adalah salah satu nutrisi penting ...