Home / Gaya Hidup / Kecantikan / Agar Pencernaan Tetap Sehat

Agar Pencernaan Tetap Sehat

Ilustrasi sakit perut
Ilustrasi sakit perut
Perut kembung, sakit perut, dan keluhan lainnya bisa muncul karena faktor makanan, stres, ataupun yang lainnya. Supaya saluran pencernaan tetap terjaga kesehatannya, lakukan sejumlah panduan berikut, seperti disebutkan Sehat News.

Konsumsi diet sehat.
Santap makanan dengan porsi lebih kecil secara rutin.

Jangan makan cepat-cepat.
Saat makan cobalah untuk duduk dan kunyah setiap makanan dengan baik agar dapat dicerna dengan baik.

Hindari menyantap makanan seketika, sebelum tidur.
Sistem pencernaan membutuhkan waktu tiga jam sebelum siap bagi Anda untuk tidur.

Bergerak!
Olah raga dapat membantu merangsang aktivitas dari usus besar Anda. Membantu mendorong lebih banyak sampah makanan melalui susu dengan lebih cepat.

Jaga berat badan sehat.
Simtom seperti rasa panas pada perut, kembuh, dan sembelit cenderung lebih sering terjadi bila Anda mengalami kelebihan berat badan.

Tidak merokok.
Sebabnya, selain meningkatkan risiko kanker, merokok bisa menyebabkan rasa seperti terbakar pada perut dan sebah, serta meningkatkan risiko gangguan pencernaan.

Hindari konsumsi alkohol berlebihan.
Mengonsumsi alkohol dengan berlebihan bisa mengganggu gerak usus. Alkohol juga bisa menyebabkan refluks dan rasa panas di perut.

Kurangi stres.
Saat Anda stres, otot pencernaan berkurang kerjanya, enzim pencernaan disekresikan dengan jumlah lebih sedikit dan jalan lintasan dari makanan dan sampah melalui saluran pencernaan melambat. Kondisi ini dapat menyebabkan kembung dan sembelit.

Gunakan obat dengan bijaksana.
Banyak obat-obatan yang bisa mempengaruhi sistem pencernaan Anda. Sejumlah antibiotika misalnya, bisa menyebabkan diare. Ada baiknya, meminta petunjuk dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan.

Baca Juga

Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Jika Anda berbelanja di supermarket dalam keadaan lapar, kemungkinan besar Anda justru akan membeli banyak ...