Home / Berita / Ibu Kota / Ahok Ancam akan Pecat PNS yang Malas Baca SOP Untuk Keselamatan Kerja

Ahok Ancam akan Pecat PNS yang Malas Baca SOP Untuk Keselamatan Kerja

ahok177554

Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama menceritakan, kalau sebagian besar orang Indonesia punya kebiasaan buruk yakni tidak pernah membaca buku manual. Kebiasaan tidak membaca aturan ini ternyata juga melanda Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Ahok mengaku heran karena untuk urusan teknis seperti standar operasional prosedur (SOP) yang wajib diketahui PNS, gubernur harus langsung turun tangan. Ahok mengancam akan mengganti semua PNS yang malas membaca SOP untuk keselamatan kerja dan digantikan dengan pegawai kontrak individual.

“Masak sampai SOP saya ajarin? Gubernur itu sampaikan visi misi atau program kerja. Lama-lama saya pecatin semua, saya ganti kontrak individual semua. Padahal SOP tinggal baca. Terus masak pelatihan perlu bayar orang lagi? Lah kalian kan sudah digaji. Yang benar saja. Enggak lucu,” ujar Ahok ketika membuka pelatihan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Balai Kota DKI, Senin (23/5).

Ahok pun lantas menceritakan kebiasaan orang Indonesia yang mau serba praktis dan malas membaca ketika membeli barang baru, mulai dari elektronik hingga kendaraan bermotor. Dia mencontohkan, penggunaan helm. Kebanyakan menggunakan helm saat sudah berada di atas motor. Padahal berdasarkan buku manual, sebaiknya menggunakan pelindung kepala tersebut sebelum naik kendaraan.

“Pernah ada dokter meninggal naik ojek. Begitu naik dia jatuh helmnya. Ternyata waktu naik ojek, pakai helmnya cuman pakai topi dan belum diikat. Ini karena kita pakai helm cuman takut polisi, bukan keselamatan,” papar Ahok.

 

 

Baca Juga

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...