Home / Berita / Ibu Kota / Ahok Berang Terkait Tabrakan Bus Transjakarta di Mampang

Ahok Berang Terkait Tabrakan Bus Transjakarta di Mampang

Terkait insiden kecelakaan yang melibatkan bus transjakarta bernomor polisi B7500 IX, Senin (22/06/2015), membuat berang Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. Bus yang menerjang tujuh motor dan empat mobil hingga ringsek diduga karena mengalami rem blong.

“Itu musti diganti. makanya saya katakan semua bus (Transjakarta) itu enggak bisa lagi dipakai, ganti aja yang baru, yang kualitasnya baik, yang servicenya dijamin ATPM (agen tunggal pemegang merk). Kita nggak mau lagi operator yang service. Sehingga, uang komponen service operator itu mau kita pegang dan dibayarkan ke ATPM,” ujar Ahok usai bertindak sebagai inspektur upacara dalam perayaan hari ulang tahun (HUT) ibu kota yang ke-488, di Monas, Jakarta, Senin (22/6/2015).

Untuk kedepannya Ahok mengatakan bahwa seluruh bus transjakarta akan menggunakan standar tersebut dan akan memastikan bahwa Pemprov DKI tidak akan memberikan anggaran transjakarta kepada pengusaha untuk melakukan service pada transjakarta .

“Karena kalau ada yang rusak pengusahanya enggak mengganti. Kalau mungkin remnya rusak harus diganti dia enggak mau ganti,” imbuh Ahok.

“Kalau kontrak ATPM 5.000 hingga 10.000 kilometer masuk service, ban nya akan dicatat serinya. Jadi kita kerja sama dengan ATPM ini dan dia jamin hingga lima tahun service,” imbuh Ahok.

Ahok juga memastikan jika seluruh bus Transjakarta gandeng bermerk Scania yang baru saja dibeli oleh Pemprov DKI dari Swedia telah mencukupi kebutuhan pengguna busway, maka bus sudah tidak diperbaiki tidak akan digunakan lagi kalau perlu dibuang saja.

Seperti informasi sebelumnya sebuah bus transjakarta menyelonong setelah mengisi bahan bakar gas di SPBU Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Diduga bus mengalami rem blong sehingga tujuh motor dan empat mobil ringsek diterjang bus transjakarta tersebut dan sejumlah pengendara motor dan termasuk ibu hamil masuk kolong bus Transjakarta.

Baca Juga

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...