Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Ibu Kota / Ahok Blak-Blakan Soal Kontribusi Pengembang Reklamasi!

Ahok Blak-Blakan Soal Kontribusi Pengembang Reklamasi!

“Di situ disebutkan, mereka tuh harus melakukan kontribusi mengatasi di pesisir utara Jakarta. Itu saja” kata Ahok.

Ahok Blak-Blakan Soal Kontribusi Pengembang Reklamasi!

Problem reklamasi saat ini menjadi pusat perhatian masyarakat. Basuki Tjahaja Purnama mengatakan ketentuan soal kontribusi pengembang yang melakukan reklamasi di Teluk Jakarta tertuang dalam perjanjian kerja sama tahun 1997.

Saat itu pengembang yang pertama mereklamasi pulau di Teluk Jakarta adalah PT Manggala Krida Yudha. PT MKY membuat perjanjian kerja sama dengan Badan Pelaksana Reklamasi Pantai Utara.

Perjanjian kerja sama itu merupakan turunan dari Keppres Nomor 52 Tahun 1995 tentang Pelaksanaan Reklamasi Pantai Utara Jakarta. Menurut Pasal 1 huruf S perjanjian itu, kontribusi adalah sumbangan pihak kedua (pengembang) berupa uang dan atau fisik infrastruktur.

“Di situ (perjanjian kerja sama) disebutkan, mereka tuh harus melakukan kontribusi mengatasi (banjir) di pesisir utara Jakarta. Itu saja” kata Ahok di Balai Kota, Jumat (20/5/2016).

Tahun 2012, Fauzi Bowo yang menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta menerbitkan izin reklamasi bagi sejumlah pengembang untuk membangun pulau-pulau. Ahok menyebut pada tahun tersebut, perjanjian kerja sama kembali dikeluarkan. Namun tidak ada klausul kontribusi yang diberikan pengembang.

“Ini tuh hilang, jelas di sini. Makanya saya katakan ini enggak bisa. Harus tetap dibuat sebuah kebijakan yang mengacu ke perjanjian kerja sama tahun 1997. Kalau (pengembang) 17 (pulau) semua kena (kontribusi), seharusnya semua kena kan. Nah makanya saya menambah (kontribusi)” tambah Ahok.

Kemudian banjir besar yang melanda Jakarta tahun 2013 menyadarkan Ahok bahwa DKI membutuhkan dana anggaran sangat besar untuk pembangunan infrastruktur. Caranya dengan mewajibkan para pengembang menyetor kontribusi.

Sejumlah pengembang pemegang izin reklamasi seperti PT Muara Wisesa Samudra, PT Jakarta Propertindo, PT Taman Harapan Indah, dan PT Jaladri Kartika Pakci sepakat memenuhi kontribusi.

Perusahaan-perusahaan itu sepakat melakukan normalisasi waduk, serta membangun rumah susun dan jalan inspeksi. Hasilnya tertuang dalam berita acara rapat bersama sejumlah pengembang pulau reklamasi pada Maret 2014.

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

ahok-sindir-anies-baswedan-soal-kip

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...