Home / Berita / Ibu Kota / Ahok Buka Suara : Ada yang Coba Main Isu Genangan Sama Saya

Ahok Buka Suara : Ada yang Coba Main Isu Genangan Sama Saya

092613800_1425375315-Ahok_Saksikan_Mou_MRT_3

Walau ada 55 titik genangan akibat hujan pada Kamis (25/2) malam hingga Jumat (26/2) pagi, Pemprov DKI Jakarta belum menetapkan status Siaga Banjir. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengungkapkan bahwa Jakarta belum Siaga Banjir apabila intensitas hujan tidak seharian atau ketika berbarengan dengan kondisi air laut yang pasang.

Diakui olehnya, bila itu semua terjadi, 40 persen wilayah Jakarta pasti tenggelam, khususnya Jakarta Utara. Sebab, 40 persen wilayah Jakarta di bawah permukaan laut.

“Ada yang coba main isu genangan sama saya. Di Istana tempo hari katanya tenggelam. Kami cek ada yang buang sampah kulit kabel satu truk di dekat Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM). Underpass juga, mana ada itu tenggelam, pompa ada kok,” papar Ahok di Balai Kota, Jumat (26/2).

Dijelaskan oleh Ahok, langkah yang bisa dilakukan dalam waktu dekat ini adalah membuat saluran penghubung. Semua pompa harus hidup dan ditempatkan di daerah yang berkontur rendah.

Termasuk, crossing jalan untuk menghungkan saluran. Terpenting, kata dia, jangan sampai ada pompa yang mati dan terlambat dihidupkan. Sebab, dengan kontur wilayah yang 40 persen di bawah permukaan air laut, Jakarta sangat tergantung dengan pompa.

Sementara untuk penanganan jangka panjang, Ahok akan membantu pemerintah pusat dan perusahaan swasta untuk membangun tanggul setinggi 3,8 meter dengan panjang 2,8 kilometer dari Cilincing sampai Tanjung Priok dengan lebar 20 meter yang bisa digunakan untuk laju kendaraan.
 

 

Baca Juga

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...