Home / Berita / Ibu Kota / Ahok Klaim : Kita Punya Data Oknum Lurah yang Malas, Yang Suka manfaatkan Pasukan Oranye

Ahok Klaim : Kita Punya Data Oknum Lurah yang Malas, Yang Suka manfaatkan Pasukan Oranye

Ahok-567

 

Hari ini (16/5) tepat satu tahun dibentuknya Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) atau yang lebih dikenal dengan pasukan oranye. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau biasa disapa Ahok memuji kinerja para petugas PPSU. Kalau diberi penilaian, menurutnya, kerja PPSU berada di atas rata-rata.

“Jadi umumnya PPSU itu, di atas rata-rata. Kalau kita kasih nilai 60-70 lah,” ujar Ahok di Balai Kota, Jakarta, Senin (16/5).

Pasukan oranye itu sendiri merupakan petugas yang direkrut oleh kelurahan yang ada di Jakarta, dan tugasnya menjaga dan merawat sarana umum di ibu kota. Walau begitu, kerja PPSU bukan tanpa kelemahan.

Menurut evaluasi Ahok banyaknya oknum lurah yang malas dan tidak bisa mengarahkan PPSU dengan baik.

“Ada enggak yang masih lemah? Ada. Di mana kelemahannya? Karena dipimpin oleh lurah yang bermasalah,” jelas Ahok.

Ahok menyebut kalau ada oknum lurah malas dan sengaja memanfaatkan PPSU. Pasukan oranye ini disuruh mengurusi Qlue (aplikasi untuk melaporkan kondisi Jakarta), yang seharusnya menjadi tugas dari lurah untuk melaporkan masalah-masalah yang ada di wilayahnya.

“Ada juga oknum PPSU yang dipasang dia, untuk ngurusin qlue. Dulu ada lurah yang nakal, PPSU disuruh ngadu sendiri. Kan itu wilayahnya dia kerja nih. Dia ngadu sendiri. Dia foto sendiri pake handphone orangnya. Dia kirim langsung dia foto dia kerjain,” papar Ahok.

Untuk mengantisipasi kecurangan dari oknum lurah seperti ini, Ahok siap memecat mereka yang tidak becus kerja dan hanya memanfaatkan tenaga PPSU.

“Nanti misal 1 kelurahan, terus main nih. Kita cuci gudangnya seluruh pejabat struktur, sikat habis saja. 1 Kelurahan dicuci, bersihin, pindahin. Kita sudah punya data nih, kita kasih dia kesempatan 1-2 bulan ini mau berubah enggak,” demikian klaim Ahok.

 

Baca Juga

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...