Home / Berita / Nasional / Ahok Maju Independen, KPU Tegaskan : Lewat jalur perseorangan atau parpol sama-sama Sah…!

Ahok Maju Independen, KPU Tegaskan : Lewat jalur perseorangan atau parpol sama-sama Sah…!

KPU

 

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ida Budhiati meminta agar publik tidak memperdebatkan keputusan calon kepala daerah untuk menempuh jalur independen atau partai politik. Dirinya menegaskan kedua jalur itu sah karena sudah tercantum dalam undang-undang.

“Warga negara yang ingin mengisi jabatan di lingkup eksekutif bisa lewat jalur independen maupun parpol. Kita dukung antusiasme masyarakat yang maju lewat jalur perseorangan atau parpol, itu sama-sama ada dalam konstitusi,” kata Ida dalam diskusi dengan topik ‘Deparpolisasi: Koreksi atau Sanksi Politik?’ di Jakarta Pusat, Sabtu, (12/3).

Ditambahkan oleh Ida, pertarungan calon kepala daerah dengan jalur independen sudah terbukti pada tahun 2012. Dia menyampaikan, di sejumlah daerah di Sumatera Barat, Aceh dan beberapa daerah lain malah menang tanpa dukungan penuh dari partai politik.

Dengan demikian, Ida menilai wajar-wajar saja calon kepala daerah memilih jalur independen seperti yang akan ditempuh Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

“Parpol bukan satu-satunya jalur,” jelasnya.
Selain itu, Ida melihat dalam Undang-Undang Pilkada saat ini ada sejumlah ketentuan yang harus disempurnakan dalam sistemnya. Antara lain mengenai metode pencalonan, yakni bagaimana pemenuhan syarat pencalonan menggunakan data penghubung, dan berikutnya data pemilih.

“Pemilu berbasis data pemilih terakhir, calon tunggal bagaimana metode surat suara. Bagaimana penegakan hukum yang selama ini diberikan sanksi pidana kalau itu calon kepala daerah melakukan pelanggaran. Strategi itu yang perlu diatur,” terang Ida.

 

 

 

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...