Home / Berita / Ibu Kota / Ahok Meminta Premium dihapus di Jakarta, Wakil Ketua DPR Angkat Bicara : Itu Tindakan Terburu-buru

Ahok Meminta Premium dihapus di Jakarta, Wakil Ketua DPR Angkat Bicara : Itu Tindakan Terburu-buru

Agus-Hermanto-

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mewacanakan penghapusan premium dari wilayah Jakarta. Ahok menilai kalau subsidi seharusnya bukan untuk BBM tapi untuk transportasi.

Terkait hal itu, Wakil Ketua DPR Agus Hermanto menilai gagasan Ahok terlalu terburu-buru. Menurut Agus, jika premium digantikan oleh pertamax maka hal itu tentu perlu didukung oleh kesiapan teknologi dan kecukupan bahan baku.

“Ini tindakan terburu-buru. Kita harus melihat kesiapan pertamina kita. Teknologi kita siap tidak? Bisa diganti tapi belum sekarang,” ujar Agus di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/2).

Disamping kesiapan teknologi, proses pergantian tentu saja melalui tahapan yang panjang. Agus menambahkan, pemerintah harus melihat untung rugi dari pencabutan premium ini.

“Kalau masalah disetujui atau tidak itu tentunya melalui proses yang panjang melalui RDP, tim pengkaji, untung ruginya. Sekarang kita bayangkan, kilang-kilang kita ahlinya itu adalah sedang membuat premium,” papar Agus.

Ditambahkan pula, faktor yang perlu dipertimbangkan adalah daya beli masyarakat yang masih rendah. Mayoritas masyarakat yang pendapatannya rendah tentu lebih memilih premium daripada pertamax.

“Menurut saya daya beli masyarakat masih rendah. Ini dulu yang harus kita perkuat. Kalau mau, kita harus perbaiki sektor ekonomi,” imbuh Agus.

 

 

Baca Juga

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...