Home / Berita / Ibu Kota / Ahok Perbolehkan PKL Dagang di JPO & Trotoar, Ini Alasannya

Ahok Perbolehkan PKL Dagang di JPO & Trotoar, Ini Alasannya

pkl3

Pemprov DKI Jakarta akan membebaskan Pedagang Kaki Lima (PKL) untuk dapat berjualan di jalur pejalan kaki dan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO). Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok berlasan kalau kebijakan ini diberlakukan untuk memberikan kemudahan bagi warga DKI khusus pejalan kaki.

“PKL itu harus ada di trotoar, harus ada di JPO. Makanya bagaimana caranya pedestrian dan JPO ini harus multifungsi,” ujar Ahok dalam lokakarya di kantor Dinas Bina Marga DKI dengan tema Pembangunan Kota Jakarta Berorientasi Pejalan Kaki (Pedestrian), Jalan Taman Jatibaru, Jakarta, Selasa (2/2).

Disamping memperbolehkan para PKL berjualan, Ahok juga memberikan modal usaha bagi mereka yang rajin dan taat pada aturan.

“Kita akan kasih modal untuk yang rajin bayar supaya makanannya lebih sehat, jangan sampai gerobak yang kayu, gerobak alumunium lah. Kalau enggak, kita akan usir,” paparnya.

Dalam pandangan Ahok, pemberlakuan kebijakan ini nantinya akan tetap dipantau melalui smart city. Jika berulah dan tidak sesuai aturan, Ahok mengaku tidak segan meminta kepada Satpol PP untuk melakukan penertiban.

“Kan kita taruh di smart city, kelihatan PKL posisi di mana. Kalau dia enggak nurut, tetap kita angkut. Jadi kita angkut yang bandel saja,” jelasnya.

 

 

Baca Juga

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...