Home / Berita / Ibu Kota / Ahok Sarankan : Ada Baiknya Kabel Bekas dilelang, Biar Tak di Curi

Ahok Sarankan : Ada Baiknya Kabel Bekas dilelang, Biar Tak di Curi

kabel7

Tim Polda Metro Jaya menangkap enam orang terkait kasus penemuan kulit kabel di gorong-gorong di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Keenam tersangka tersebut mengaku mengambil tembaga dari kabel tak terpakai lalu membuang kulitnya ke dalam gorong-gorong itu karena dianggap tidak berharga.

Terkait penangkapan enam tersangka itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengungkapkan bahwa ada aset negara yang dibiarkan. Pembiaran ini menyebabkan para tersangka dengan leluasa memotong kabel-kabel yang diketahui sebagai kabel bekas.

“Sehingga orang ngerti mau ambil, coba umumkan dilelang siapa mau ambil kabel bekas bagi hasil jual 50-50 atau yang mau ambil bayar berapa,” ujar Ahok usai meresmikan gedung B RS Budi Asih, Jakarta, Jumat (11/3) kemarin.

Walau menyebut ada pembiaran terhadap aset negara, Ahok belum bisa memastikan, hal ini kesalahan PLN atau Dinas PU yang seharusnya mengurus kabel bekas ini.

Untuk itu ke depan, Ahok tidak ingin hal ini terulang.

Dijelaskan oleh Ahok, penemuan kulit kabel ini membuktikan bahwa kontraktor tidak pernah membersihkan gorong-gotong. Oleh karena itu, Pemprov DKI berencana membuat ducting atau saluran bagi kabel di bawah tanah sehingga tidak perlu lagi membongkar trotoar.
 

Baca Juga

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...