Home / Berita / Ibu Kota / Ahok Sindir Mantan Kepala Dinas Pendidikan DKI: ‘Bapak Itu Baik & Doktor, Tapi Nyolongnya Juga Banyak!’

Ahok Sindir Mantan Kepala Dinas Pendidikan DKI: ‘Bapak Itu Baik & Doktor, Tapi Nyolongnya Juga Banyak!’

Ahok Sindir Mantan Kepala Dinas Pendidikan DKI ‘Bapak Itu Baik & Doktor, Tapi Nyolongnya Juga Banyak!’

Saat memberikan penghargaan dan tali asih kepada atlet dan pelatih berprestasi asal Provinsi DKI Jakarta pada Sea Games XXVIII/2015 Singapura di Balai Agung Balai Kota (Selasa, 4/8/2015), Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama sempat menyindir mantan Kepala Dinas Pendidikan Taufik Yudi Mulyanto.

Awalnya dalam sambutannya, Gubernur yang akrab disapa Ahok itu menyinggung usulan anggaran pembangunan Gelanggang Olahraga (GOR) yang harganya tinggi namun bangunannya tidak memadai. Dirinya mengatakan pada tahun 2014 lalu, banyak pejabat satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang menolak sistem penganggaran melalui e-budgeting.

“APBD DKI 2014 itu saya potong semua karena masih kacau, saya minta pakai harga satuan. Masih nyolong semua dan anggarannya dimark up semua. Salah satu korban yang saya potong itu Kepala Dinas Pendidikan Pak Taufik Yudi. Pak Taufik ini orang baik, doktor, tetapi nyolong-nya juga banyak, Pak” ungkap Ahok.

Mendengar pernyataan Ahok itu, sontak para undangan yang memadati Balai Agung langsung tertawa. Ahok lebih lanjut menjelaskan kenapa akhirnya memilih Lasro Marbun menjadi Kepala Dinas Pendidikan DKI. Sebenarnya Lasro bukanlah pegawai Dinas Pendidikan, melainkan mantan Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) DKI.

Seperti yang dilansir Kompas, Ahok menginstruksikan Lasro untuk memangkas anggaran Dinas Pendidikan yang terindikasi pemborosan. Seakan menjawab tantangan Ahok, Lasro pun berhasil memangkas anggaran Dinas Pendidikan hingga Rp 2,4 triliun.

“Akhir 2014 saya minta pakai sistem e-budgeting, tetapi masih ada anggaran sewa mobil, pengadaan scanner Rp 3,8 miliar, beli UPS sampai Rp 6 miliar padahal 47 persen sekolah di Jakarta ambruk. Tahun 2015, saya paksakan semua SKPD susun anggaran pakai e-budgeting” pungkas Ahok.

Baca Juga

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...