Home / Berita / Ibu Kota / Ahok Tegaskan : Tidak Segan Akan Keluarkan PNS DKI yang Belum Lapor Harta Kekayaan

Ahok Tegaskan : Tidak Segan Akan Keluarkan PNS DKI yang Belum Lapor Harta Kekayaan

ahok22222

Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama atau biasa disapa Ahok bakal menindak tegas anak buahnya yang kedapatan belum melaporkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN). Ahok pun tak segan memecat anak buahnya dari status sebagai PNS.

“Kami sudah lakukan. Makanya kalau ada yang tidak melapor Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) ke kami, kita sampai eselon IV harus lapor. Kalau tidak mau lapor kita keluarkan,” ujar Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (28/4).

Apa yang disampaikan Ahok ini sekaligus menanggapi kritik Wakil Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Agus Sunaryanto. Agus menyebut supaya pemerintah merevisi Undang-undang soal LHKPN. Dan memasukkan sanksi pidana bagi pejabat yang belum melaporkan LHKPN.

Seperti diketahui memang saat ini sanksi yang diberikan kepada pejabat negara yang belum lapor LHKPN hanya berupa sanksi administrasi dan tidak dapat dipidanakan.

Adapun aturan soal ketentuan pejabat negara harus melaporkan harta kekayaan diatur dalam Undang-undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara yang Bersih dan Bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme; Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pindana Korupsi.

Disamping UU di atas, ada juga Keputusan Komisi Pemberantasan Korupsi Nomor: KEP. 07/KPK/02/2005 tentang Tata Cara Pendaftaran, Pemeriksaan, dan Pengumuman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

 

 

Baca Juga

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...