Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Politik / Ahok Tolak Cuti Masa Kampanye, Ini Reaksi Pengamat Hukum!

Ahok Tolak Cuti Masa Kampanye, Ini Reaksi Pengamat Hukum!

“Aturan itu kan cuti selama masa kampanye. Bukan cuti ketika kampanye” ungkap Pengamat Hukum Tata Negara, Refly Harun (Rabu, 3/8/2016).

Ahok Tolak Cuti Masa Kampanye, Ini Reaksi Pengamat Hukum!

Seperti yang diketahui Basuki Tjahaja Purnama mengajukan judicial review atas ketentuan wajib cuti bagi calon gubernur petahana. Aturan wajib cuti bagi cagub petahana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah. Pasal 70 berbunyi:

‘Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota, yang mencalonkan kembali pada daerah yang sama, selama masa kampanye harus memenuhi ketentuan: a) menjalani cuti di luar tanggungan negara; dan b) dilarang menggunakan fasilitas yang terkait dengan jabatannya’.

Pengamat Hukum Tata Negara, Refly Harun coba memberikan pandangannya. Menurut Refly frasa pada ‘selama masa kampanye’ dapat memberatkan petahana, sebab harus cuti cukup lama. Proses selama masa kampanye cukup lama, berbeda dengan saat melakukan kampanye atau kegiatan di lapangan.

“Aturan itu kan cuti selama masa kampanye. Bukan cuti ketika kampanye. Kalau aturan dulu cuti hanya ketika kampanye saja, kalau ini kan selama masa kampanye”

“Padahal masa kampaye itu kan selama beberapa bulan. Dari pendaftaran sebagai calon sampai pencoblosan. Kalau itu yang terjadi memang lama” ungkap Refly Harun, Rabu (3/8/2016).

Padahal makna cuti itu sendiri menurut Refly dimaksudkan agar petahana tidak menggunakan fasilitas saat berkampanye. Saat tidak melakukan kampanye, petahana masih bisa bekerja memimpin daerahnya karena secara resmi masih menjadi kepada daerah.

“Itu kan maksudnya agar petahana tidak menggunakan fasilitas, maka yang dilarang saat dia terjun kampanye. Kan tidak setiap saat dia berkampanye selama masa kampanye, dia kan masih bisa bekerja” tambah Refly, seperti dilansir Detik.

Untuk itu aturan soal waktu cuti bagi petahana menurutnya memang perlu diuji ulang. Pasalnya aturan saat ini akan berdampak bagi pekerjaan petahana yang masih harus tetap menjaga amanah dan bertugas sampai sisa waktu jabatannya berakhir.

“Harusnya pasal itu dikembalikan cuti ketika melakukan kampanye saja. Apalagi kampanye di sini-sini aja, mungkin perlu waktu 2-3 hari. (Langkah Ahok) sudah tepat, Ahok sendiri yang mengajukan karena dia merasa dirugikan. Kepala daerah lain juga bisa seperti itu” pungkas Refly.

Below Article Banner Area

Baca Juga

ini-isi-puisi-fadli-zon-untuk-dua-tahun-pemerintahan-jokowi-jk

Ini Isi Puisi Fadli Zon untuk Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, rupanya disambut oleh Wakil Ketua DPR ...